PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Muhammad Arif Afandi STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia. Perkembangan tersebut menuntut kesiapan semua pihak untuk menyesuaikan dan mengikutinya. Agar kelak bangsa ini tidak tertinggal jauh dari Negara lain yang tengah berkembang pesat. Saat ini penggunaan media pembelajaran belum banyak diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kebanyakan pendidik lebih suka mengajar dengan model pembelajaran yang berpusat pada guru.

Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran audiovisual dalam proses belajar  siswa krlas 3 MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar

Dari hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar antara lain : 1. Perlu dipersiapkan sarana pendukungnya, sarana pendukung tersebut dapat berupa CD pembelajaran. 2. Kesesuaian antara media pembelajaran dengan materi pembelajaran perlu diingat bahwa tidak semua materi pembelajaran dapat disampaikan dengan media audiovisual. Oleh karena itu perlu diperhatikan kesesuaian media pembelajaran dengan materi pembelajaran.  3. Media audiovisual ini bisa menjangkau kelompok yang luas. Media ini bisa meringankan tugas seorang guru. 4. Kemampuan guru dalam mengoperasikan peralatan audiovisual sebagai media pembelajaran.

 

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi, Belajar Siswa

Published
2022-12-31