EFEKTIVITAS GAME EDUCATION SEBAGAI INOVASI PENDIDIK ERA INDONESIA HIJAU PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS I MI/SD

  • Diana Lutfiana Ulfa - UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn ditemukan beberapa masalah, Seperti masih banyak pendidik atau guru belum mampu melaksanakan aktivitas pembelajaran dengan melibatkan siswa baik fisik, mental, dan sosial seperti yang ditetapkan dalam kurikulum permasalahan lainnya adalah guru belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran. Hal ini disebabkan karena aktivitas belajar siswa masih sangat kurang, sehingga hasil belajar yang dicapai rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui game education  ular tangga sebagai langkah inovasi pendidik dalam menggunakan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi langsung dan non tes. Dimana observasi langsung merupakan pengumpulan data melalui pengamatan dan pencatatan gejala secara langsung pada objek yang berada di tempat kejadian, sedangkan teknik non tes dilakukan dengan melakukan pengamatan melalui alat berupa lembar observasi atau angket tanggapan siswa, dan dokumentasi. Hasil tanggapan siswa pada game education  mendapat respon postif yang menjadikan game education  ini efektif dan layak di aplikasikan sebagai media pembelajaran PKn materi aturan cara merawat hewan peliharaan. Penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas harus ada inovasi baru yang menjadi daya tarik siswa agar suasana kelas tidak membosankan dengan cara belajar sambil bermain.

Published
2022-12-31