AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida <p>Al Ibtida' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah&nbsp;diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah&nbsp;STAI Diponegoro Tulungagung</p> en-US jurnalalibtida@gmail.com (STAI Diponegoro Tulungagung) adhisubaidillah@gmail.com (Adhis Ubaidillah) Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DI SEKOLAH https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5491 <p>ABSTRAK</p> <p>Komunikasi dan keberhasilan organisasi berhubungan secara positif dan signifikan. Hubungan positif mengindikasikan asumsi bahwa apabila kualitas komunikasi ditingkatkan, maka akan diikuti pula dengan peningatkan kinerja organisasi. komunikasi merupakan hal penting dalam membentuk kinerja yang maksimal dilingkungan sekolah. Penulis focus untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang baik untuk meningkatkan kinerja di sekolah atau warga sekolah secara maksimal. Metode penelitiannya adalah metode kualitatif. Untuk hasil penelitian diperoleh bahwa komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru disekolah dilakukan dengan berkumpul bersama baik melalui rapat disekolah maupun ditempat wisata, yang dapat memungkinkan terjadinya pemaparan gagasan, penggalian informasi, sehingga terjadinya umpan balik dengan demkian bisa membuat kesepakatan kesepakatan dalam rangka mencapai tujuan. Pemberian Reward/bonus, sehingga memotivasi dan semangat dalam melaksanakan kerja. Ditambah dengan Konsep keberkahan yang dan bekerja dengan ketulusan hati menjadi kunci terlaksananya kinerja yang baik.&nbsp; Serta membangun komunikasi yang baik, tidak menyakiti, tidak mengejek dengan <em>Qoulan ma’rufa</em> (berbicara dengan baik), <em>qoulan maisuro</em> (berbicara tidak menyakitkan)</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci: Komunikasi, Peningkatan kinerja, Sekolah.</p> Adhis Ubaidillah Copyright (c) 2023 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5491 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000 PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5373 <p><em>Reward </em>merupakan salah satu metode dalam pembelajaran untuk memusatkan perhatian siswa pada objek tertentu. <em>Reward</em> yang diberikan guru dapat meningkatkan daya konsentrasi siswa. Sehingga siswa mudah memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Ada berbagai macam penghargaan yang dapat diberikan oleh guru yaitu pujian, hadiah berupa barang seperti alat tulis, buku, pensil, penggaris dan alat tulis lainnya, penghormatan dan tanda penghargaan berupa simbol-simbol penghargaan. Penghargaan harus diberikan kepada siswa yang berhak mendapatkannya. Pemberian <em>reward</em> yang diberikan kepada siswa yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar tidak menimbulkan kecemburuan siswa lain. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasi yaitu rentang perhatian siswa yang masih pendek, gaya belajar, pelajaran yang tidak sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, stres dan kecemasan, kualitas tidur yang buruk, pola makan yang tidak sehat dan gangguan belajar. Dengan <em>ice breaking</em> dan pembelajaran yang menarik serta interaktif dan pemberian berbagai <em>reward</em> dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.</p> nina sultonurohmah Copyright (c) 2023 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5373 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000 UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT ANAK https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5521 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Pendidikan agama merupakan salah satu bidang studi yang dimasukkan dalam setiap kurikulum formal dan tingkat dasar hingga perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang terdapat dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2006 pasal 3 yang berbunyi : Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang ber iman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.</p> <p>Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan upaya-upaya agar program pelaksanaan shalat di sekolah dapat terlaksana dengan baik. Disinilah peran aktif guru diperlukan dan dibutuhkan untuk memberikan pertolongan pada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaniyah, agar mencapai tingakat kedewasaan, serta mampu berdiri sendiri dalam memenuhi tugasnya sebagai hamba Allah SWT.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Kemampuan, Anak Usia Dini</p> Muhammad Arif Afandi Copyright (c) 2023 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5521 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000 EFEKTIFITAS PERMAINAN TEBAK KATA TERHADAP PENGUASAAN PELAJARAN UNGGAH UNGGUH BAHASA JAWA https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5555 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan tebak kata terhadap penguasaan pelajaran unggah ungguh Bahasa Jawa kelas V di MIS Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung dan kontribusi penerapan permainan tebak kata terhadap proses pembelajaran unggah ungguh Bahasa Jawa. Pendekatan penelitian menggunakan <em>mixed method</em> (metode gabungan: kualitatif- kuantitatif) adalah metode dengan menggunakan gabungan pada prosedur penelitian, dimana salah satu metode lebih dominan terhadap metode yang lain. Metode yang kurang dominan hanya diposisikan sebagai metode pelengkap sebagai data tambahan. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan sebagai metode pelengkapnya adalah metode &nbsp;kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif adalah dengan observasi dan wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif adalah dengan angket, yaitu menganalisis data dengan menggunakan rumus Mean (rata-rata) dan terakhir di rumuskan dengan menggunakan kategori efektiftas. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa permainan tebak kata terhadap penguasaan pelajaran unggah ungguh Bahasa Jawa kelas V di MIS Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung adalah efektif. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa penerapan permainan tebak kata berkontribusi terhadap proses pembelajaran unggah ungguh Bahasa Jawa yaitu dapat meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan keterampilan kognitif dan non-kognitif siswa, membantu meningkatkan efisiensi pembelajaran, serta memiliki potensi untuk mengubah paradigma pembelajaran.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : <em>Efektivitas, Permainan Tebak Kata, Unggah Ungguh Bahasa Jawa</em></p> Dyah Aris Susanti Copyright (c) 2023 AL IBTIDA' : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/alibtida/article/view/5555 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000