NILAI ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN DI TINJAU DARI SURAT AL-MUJADALAH AYAT 11

  • Jurnal Al Lubab

Abstract

Sejak awal Islam telah memberikan perhatian yang amat besar terhadap penyelenggaraan
pendidikan dan pengajaran dalam arti seluas-luasnya dan bukan hanya berarti formal
seperti di sekolah. Hal ini antara lain dapat dilihat pada apa yang secara normatif-teologi
ditegaskan dalam al-Qur’an dan as-Sunnah, dan pada apa yang secara empiris dapat
dilihat dalam sejarah. Berangkat dari hal tersebut penelitian ini memfokuskan penelitian
pada nilai-nilai ilmu pengetahuan dan pendidikan di tinjau dari surat al-mujadalah ayat 11.
Dengan menggunakan pendekatan kajian kepustakaan, penelitian ini dapat menyimpulkan hal-hal
sebagai berikut: (1) Rasul mengajak untuk saling meluangkan dan meluaskan tempat ketika
berada di majelis, tidak saling berdesakan dan berhimpitan. (2) Perintah untuk
memberikan kelapangan dalam mendatangkan setiap kebaikan dan memberikan rasa
kebahagiaan kepada setiap orang Islam. (3) Petunjuk dalam ilmu pengetahuan, agar
dikembangkan untuk tujuan peningkatan ibadah, akidah dan akhlak yang mulia. (4) Ilmu
pengetahuan dalam proses pendidikan yang sesuai dengan al-Qur’an akan menjauhkan
manusia dari sikap takabur, sekuler dan ateistik.

Published
2018-10-15
How to Cite
Al Lubab, J. (2018). NILAI ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN DI TINJAU DARI SURAT AL-MUJADALAH AYAT 11. Al-Lubab : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 1(1), 24-38. https://doi.org/10.19120/al-lubab.v1i1.3479
Section
Articles