PENDEKATAN SOSIO-EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN

  • ARIF SHAIFUDIN Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama’ (STAINU) Madiun

Abstract

Segala bentuk pembelajaran pasti tidak terlepas dari sebuah pendekatan. Degan pendekatan yang tepat, seorang pendidik akan mampu melaksanakan proses pembelajaran yang benar-benar sesuai dengan kondisi, kebutuhan, dan tujuan pembelajaran untuk peserta didik. Akan tetapi realitas pendidikan di banyak lembaga pendidikan tidak demikian. Banyak sekali bentuk pembelajaran yang justru menjadikan peserta didik tumpul potensinya. Pendekatan yang mestinya menjadi titik awal arah pembelajaran justru sering hilang dalam proses pembelajaran. Ironisnya, hukuman ketika terjadi kesalahan oleh peserta didik menjadi satu-satunya cara yang dianggap paling efektif dan ampuh dilakukan oleh para pendidik di lembaga pendidikan. Pendidik seakan lupa bahwa peserta didik adalah individu yang sangat berbeda satu dengan yang lainnya. Bertolak dari perbedaan inilah mestinya pertimbangan utama dalam menentukan cara yang tepat dalam mendidik mereka yang di antaranya dengan menggunakan pendekatan sosio-emosional.

Kata Kunci: Pendekatan,Sosio-emosional.

Published
2020-09-25
Section
Articles