PSIKOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI DASAR PEMBELAJARAN

  • Dwi Runjani Juwita Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul 'Ulama Madiun
  • Muhammad Hamdan Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul 'Ulama Madiun

Abstract

Volume 1, Nomer 1, Juni 2020

Volume 1, Nomer 1, Juni 2020

Salah satu faktor keberhasilan dalam pendidikan adalah guru, seyogyanya para guru perlu memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas dan lengkap yang dapat dijadikan sebagai metode dan sarana dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar. Psikologi dan pendidikan merupakan dua buah unsur yang berkaitan dengan masalah jiwa dan aktivitas psikologis seseorang serta kaitannya dengan pendidikan adalah bentuk interaksi disiplin yang cukup penting dalam memeriksa masalah yang mengganggu atau mendukung jiwa siswa dalam proses pembelajaran. Dalam menyelami dunia anak, tidak ada jurang ada pemisah antara guru dan siswa. Hendanya guru dapat memahami keadaan mental siswa dan berusaha mencari solusi jika ditemukan masalah dalam pembelajaran, sehingga sepatutnya seorang guru perlu memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang psikologi pendidikan sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan terarah. akumulasi pengetahuan,  kebijaksanaan, dan teori kedudukan tertinggi yang harus dimiliki setiap guru untuk secara cerdas menyelesaikan masalah pengajaran sehari-hari. Yang kemudian didukung dengan Keterampilan mengajar untuk memfasilitasi pembelajaran murid secara langsung atau tidak langsung untuk mencapai tujuan pembelajaran .

 

Kata kunci : Psikologi, Pendidikan, Dasar Pembelajaran

 

 

Published
2020-06-25
Section
Articles