KONSEP, KARAKTERISTIK DAN WILAYAH (SCOPE) KAJIAN MANAJEMEN KURIKULUM BAHASA ARAB

  • MUH BUSRO Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama’ (STAINU) Madiun
  • SAMAN Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdhatul Ulama' (STAINU) Madiun
  • ZAHID Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdhatul Ulama' (STAINU) Madiun

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang menjadi kebutuhan dalam Kegiatan Pembelajaran di Indonesia dan juga di beberapa negara yang lain. Selain berkaitan dengan Pembelajaran Bahasa sebagai Komunikasi, Bahasa Arab di Indonesia merupakan salah satu Pondasi bagi Peserta didik dalam mengkaji dan memahami ilmu-ilmu Agama Islam. Setiap Ilmu atau Pelajaran yang masuk dalam kerangka kurikulum yang ada di Indonesia mempunyai Konsep, karakteristik dan Wilayah Kajian yang berbeda-beda. Karena ketiga hal tersebut harus saling berkaitan. Maka dari itu artikel ini menjelasakan ketiga hal tersebut, khususnya Bahasa Arab. Hal ini bertujuan untuk mengefektifkan Pembelajaran Bahasa Arab yang diajarkan mulai dari jenjang Pendidikan dasar sampau dengan jenjang Pendidikan tinggi.

Published
2020-12-05
Section
Articles