Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah

  • Fadly Usman Institut Pesantren KH.Abdul CHalim

Abstract

Penggunaan media online sebagai sarana dakwah dewasa ini mulai menjadi alternative dalam berdakwah. Dalam menyampaikan materi-materi dakwah, seorang pendakwah bisa saja memiliki akun di media social seperti; facebook, twitter, LINE, WhatsApp, Path atau media online lainnya seperti; Youtube, Instagram, Weblog, LinkedIn dan sebagainya. Apakah efektif metode dakwah yang mereka pilih? Dalam penelitian ini dilakukan survei terhadap 200 responden dari beberapa kelompok masyarakat, untuk mengukur tingkat efektifitas dakwah Islam melalui media online. Metode yang dipakai adalah dengan menggunakan analisis statistic, kemudia dilakukan uji korelasi dan konsistensi berdasarkan hasil kuisioner dari responden. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sejak usia pelajar sampai dengan usia kerja telah memanfaatkan smartphone untuk mendapatkan informasi terkinimelalui media online. Dari hasil uji korelasi menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi lama penggunaan smartphone dengan aktifitas mencari informasi tentang dakwah Islam adalah 0.8035, bahkan 46% sangat sering mencari literatur tentang pengetahuan agama melalui media online. Hal ini menunjukkan bahwa materi-materi dakwah Islam yang disampaikan melalui media online sangat efektif, khususnya bagi pengguna telepon pintar atau smartphone.Kata Kunci: media online, media sosial, dakwah Islam, korelasi

Author Biography

Fadly Usman, Institut Pesantren KH.Abdul CHalim
Institut Pesantren KH.Abdul CHalim
Published
2017-03-11