Studi Komparatif Asuransi Syari’ah dan Asuransi Konvensional Dalam Perspektif Hukum Islam

  • Wahidatur Rohmah
  • Zainal Abidin
Keywords: asuransi, syariah, konvensional, hukum islam

Abstract

Melihat perkembangan Asuransi Syari’ah dari tahun ketahun sangatlah menggembirakan. Melihat bertambahnya peminat Asuransi Syari’ah dibandingkan dengan Asuransi Konvensional terutama dinegara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Hal ini merupakan faktor pendukung berkembangnya Asuransi Syari’ah sehingga kini banyak perusahaan konvensional yang membuka cabang syariah, bahkan sekarang sudah banyak Asuransi Syari’ah di Indonesia.  maka penulis sangat tertarik mengangkat sebuah penelitian dengan judul “Studi  Komparatif Asuransu Syari’ah dan Asuransi Konvensional  Dalam Perspektif Hukum Islam â€.  

Asuransi Syari’ah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk asset atau tabarru’ memberikan pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syari’ah. Sedangkan Asuransi Konvensional merupakan alat atau institusi belaka yang berjalan untuk mengurangi  resiko dengan menggabungkan sejumlah unit-unit yang beresiko agar kerugian individu secara kolektif.  Akad yang dugunakan dalam Asuransi Syari’ah adalah akad tijarah dan akad tabarru’.

Akad tijarah adalah akad atau transaksi yang bertujuan komersial. Sedangkan akad tabarru’  yang bertujuan kebaikan untuk menolong sesama manusia, bukan semata-mata untuk komersial dan tijarah. Selain itu, akad transaksi Asuransi Syari’ah mengandung kepastian dan kejelasan sehingga peserta Asuransi menerima polis sesuai dengan apa yang dibayarkan ditambah dengan dana tabarru’ darisetiap peserta Asuransi. Sedangkan pada akad Asuransi konvensional adalah pihak perusahaan Asuransi dengan pihak peserta Asuransi melalui akad mu’awadhah, yaitu masing-masing dari kedua belah pihak yang berakad dari satu pihak sebagai penanggung dan pihak lainnya sebagai tertanggung.

Published
2018-01-12
Section
Articles