Strategi Manajemen Zakat di Yayasan Perjuangan Wahidiyah Dan Pondok Pesantren Kedunglo Al-Munadhdhoroh Kota Kediri

  • Muhammad Samjudin
  • Fauziah Isnaini
Keywords: strategi, manajemen, zakat

Abstract

Seringkali terdengar zakat dibagi di tengah masyarakat secara perorangan ataupun lembaga tanpa persiapan apa-apa dan pengamanan serius yang akhirnya membawa bencana. Disni perlu adanya pemanfaatan teknologi yang tertata baik secara sistem syariah yang dapat mengaturnya hingga ke tingkat yang paling bawah. Sehingga dengan sistem yang teratur dan profesional diharapkan mampu mengurangi angka kemiskinan secara signifikan.

Di pondok pesantren Kedunglo Al-Munadhdhoroh Kota Kediri sudah menggu-nakan sistem penanganan zakat secara profesional. Dari uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul yaitu: â€Strategi Manajemen Zakat di Yayasan Perjuangan Wahidiyah Dan Pondok Pesantren Kedunglo Al-Munadhdhoroh Kota Kediriâ€. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Untuk mempermudah dalam mendapatkan data yang diperlukan dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data: 1. Wawancara, 2. Dokumentasi, 3. Observasi.  

Strategi manajemen yang digunakan di Pondok-Pesantren Kedunglo sebagai berikut: 1. Kerjasama yang baik antara Departemen Keuangan Wahidiyah Pusat dengan Departemen Keuangan Wahidiyah Daerah, 2.. Meningkatnya kesadaran berdana, 7. Dana Perjuangan Wahidiyah tiap Tahun Meningkat..Menjalin komunikasi yang baik., 3. Mengirimkan surat edaran ke daerah, 4. Pelaporan berkala, yaitu laporan mingguan, bulanan, semester, dan tahunan, 5. Mengadakan penyuluhan, 6.

Published
2018-01-12
Section
Articles