EFEKTIFITAS PEMANFAATAN SOFTWARE BEESMART UNTUK TES KETRAMPILAN ISTIMA’ DAN QIRA’AH
(STUDI KASUS DI PRODI BAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS ADAB IAI SUNAN GIRI BOJONEGORO)
Abstract
Dalam pembelajaran evaluasi menjadi hal yang paling menentukan dalam pendidikan. Seiring berkembangnya zaman teknologipun ikut berkembang. Jika pada zaman dulu ujian masih menggunakan kertas dan pensil akan tetapi pada saat ini ujian sudah berbasis komputer. Salah satu software yang dapat di manfaatkan untuk tes bahasa Arab adalah Beesmart. Pada penelitian ini peneliti ingin membahas tentang bagaimana efektifitas software Beesmart dalam tes maharah istima’ dan qira’ah. penelitian ini dilakukan di Prodi Bahasa dan Sastra Arab fakultas Adab IAI Sunan Giri Bojonegoro. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk menguji efektifitas software ini peneliti menggunakan uji normalitas menggunakan rumus liliefors dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa software Beesmart efektif dalam meningkatkan tes maharah istima’ dan qira’ah. Hal ini dibuktikan dengan terjadi peningkatan nilai rata-rata yang pada pretes 72,5 kemudian pada nilai postes 78,2, dengan selisih nilai 5,7. Ada dua faktor yang mempengaruhi efektifitas software Beesmart yakni, fokus mahasiswa semakin bertambah dan yang kedua karena simpel.
Downloads
References
Sudaryono, 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Oemar Hamalik, 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Soenardi Djiwandono, 2007. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.
Fatah Syukur, 2008. Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail
Arief Sadiman, DKK, 2009. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.
Budi Sutedjo Dharma Oetomo, 2006. Perencanaan & Pengembangan Sistem Informasi, Yogyakarta: ANDI.
M. Khalilullah. 2013, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta : Aswaja Presindo.
Anis Syamsudin Makmun, 2005. Psikologi pendidikan. Bandung : PT.Remaja Rosda karya
Hamid Abdul, dkk., 2008, Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi dan Media, Yogyakarta: SUKSES offset.
Abdul Wahab Rosyidi, 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-MALANG PRESS.
Arsyad Azhar, 2015, Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Ali Ahmad Madkur, Tadris Funun Al-Lughah Al-Arabiyyah, Kairo : Dar al-Fikr al-Araby
Muhammad Khalil al-Syadzi, 1414H. Al-Maharat Al-Lughawiyah, Mamlakah al-Arabiyah : Dar al-Andalus.
Ulin Nuha, 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press
Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ulin Nuha, 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran, Jogjakarta: DivaPress
Anas Sudijono, 2013. Pengantar Evaluasi Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.
Ega Rima Wati, 2016. Kupas Tuntas Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Kata Pena.
Suharsimi Arikunto, 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Djemari Mardapi, 2008. teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes, Jogjakarta: Mitra Cendikia Press
Azhar Arsyad, 2011. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada
Suharsimi Arikunto, 2014. Preosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Copyright (c) 2018 AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.