المادة التعليمية على أسس قيم الألعاب التقليدية بإندونيسيا (بحث تطويري لدى طلبةقسم تعليم اللغة العربية بجامعة التنوير الإسلامية بوجونغارا)

  • nur laila rahmawati dosen STAI ATTANWIR

Abstract

Dewasa ini, selain di Madrasah Ibtidaiyah dan SD Islam, diberbagai TK/TPQ yang tersebar di hampir seluruh Indonesia pun telah mulai menyajikan bahasa Arab sebagai pelajaran tambahan. Hal ini disamping bertujuan untuk lebih mengkhaskan sebuah lembaga pendidikan Islam, sekaligus merupakan upaya mengenalkan bahasa Arab kepada anak sedini mungkin. Kenyataan ini cukup menggembirakan, namun bersamaan dengan itu pula dituntut adanya penanganan pengajaran bahasa Arab secara profesional dalam rangka menanamkan sikap positif siswa terhadap bahasa Arab.Diantara masalah yang muncul dalam pembelajaran adalah perlu adanya pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen di prodi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan Bahan Ajar Al-‘Arabiyah Lil Athfal (ALA) berbasis Permainan Tradisional Indonesia untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Attanwir Bojonegoro dalam bentuk produk buku, (2) mengetahui validitas dan kelayakan Bahan Ajar Al-‘Arabiyah Lil Athfal (ALA) berbasis Permainan Tradisional Indonesia untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Attanwir Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research & Development)model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Jenis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan instrumen pengumpul data menggunakan angket dan wawancara serta dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku ini valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab,dilihat dari analisis uji ahli serta uji tanggapan pengguna.
Published
2018-06-01
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.