Pengembangan Materi Allah Pencipta Alam Semesta Pada Pembelajaran PAI dengan Eksperimen Sains di SD Muhammadiyah Bayen

  • Rafika Dwi Rahmah MZ Ahmad Dahlan University
Keywords: pendidikan agama islam, eksperimen, sains, integrasi

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SD Muhammadiyah Bayen berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan adalah pembelajaran yang berlangsung tidak sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yang menekankan integrasi antar mata pelajaran dan siswa kesulitan dalam mengingat pelajaran yang telah diterangkan oleh guru. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya dalam penanggulangan masalah yang terjadi di SD Muhammadiyah Bayen dengan mengintegrasikan antara materi Allah Pencipta Alam Semesta pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode eksperimen sains yang umumnya digunakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara penelitian lapangan dan studi pustaka jenis deskriptif kualitatif. Penggunaan metode eksperimen pada penelitian-penelitian terdahulu menujukkan bahwa dengan metode eksperimen dapat meningkatnya aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa. Hasil dari penelitian kombinasi ini adalah diperlukannya integrasi antara pendidikan agama islam dan mata pelajaran lainnya agar anak menjadi lebih paham konsep materi agama secara menyeluruh dan tidak bersifat dogmatis serta siswa dapat mengingat materi dengan bantuan eksperimen yang akan dilakukannya sendiri.

References

A. Rusdiana. Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi. Vol 8 No 2 2014, 126-128
Abdurrahman R Effendi dan Gina Puspita. Membangun Sains dan Teknologi Menurut Kehendak Tuhan,
Jakarta: Giliran Timur. 2007
Al-Farisi. Startegi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres 2005, 2.
Aneng Dewi Saputri. Integrasi Tembang Pocung dalam Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata Pada Tema Alat
Optik untuk Mendeskripsika Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Physics Education Journal. Vol 5
No 2 2016, 88
Artikel Publikasi Universitas Negeri Medan oleh: Pardomuan Nauli Josip Mario Sinambela.
Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. 2013, 17.
Buku Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 4 semester 1 SD Muhammadiyah
Bayen, guru Pendidikan Agama Islam (Rifatul Khairiyah, S.Ag)
D. Rahmawati, S.E. Nugroho, N.M.D. Putra Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis
Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Vol 3 No 1 2014, 44.
Dr. H. Farid Hasyim., MA. Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Filosofi Pengembangan Kurikulum
Transformatif antara KTSP dan Kurikulum 2013. Malang: Madani 2015, 82-83
Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan.
Jakarta: RajaGrafindo, 1999, cet. ke-3
Hasil wawancara dengan guru pendidikan agama islam (Rifatul Khairiyah, S.Ag) pada Kamis, 02
Mei 2019 di Ruang guru SD Muhammadiyah Bayen, Pukul 10.00 WIB
Hayat, M. S., S. Anggraeni, & S. Redjeki. Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep invertebrata untuk
pengembangan sikap ilmiah siswa. Jurnal Bioma, Vol. 1 No. 2 tahun 2011, 15.
Jalaluddin Rahmad. Psikologi Agama sebuah Pengantar. (Bandung: Mizan, 2003), 28.
M. Qurbaniah dan N. Awaliyah. Eksperimen Sains Berbasis Kreasi Warna Alami Sebagai Inovasi dalam
Pembelajaran Biologi. Vol 1 2018, 94
Marimba Ahmad D. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Maarif,1984
Muhaimin. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2011
Nandang Kosim. Pengembangan dan Aplikasi Pembelajaran PAI di SD: Nandang Kosim. Vol. 2 No. 2 Tahun
2015, 122.
Nur Lindah Aisyah dan Luthfiyah Nurlaela. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga Pada Kompetensi Dasar Potongan Bahan
Makanan Di SMK Negeri 11 Cerme, Gersik. Vol 4 No 1. 2015,143-144.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 66 tahun 2013 tentang
Standar Penilaian Pendidikan.
Rina Asuti, Widha Sunarno dan Suciati Sudarisman. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan
Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau
dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Vol 1 No 1 2012, 54-59
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke 4. Jakarta: Kencana 2010, 23.
Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, Dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers.
2002, 41-42.
Sudarmojo Agus Haryo. Menyibak Rahasia Sains Bumi dalam Al-Qur’an. Bandung: Mizan Pustaka, 2008.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
2010, 93.
Umah, S.K., Sudarmin, N. R. Dewi. Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Terpadu Berbasis Inkuiri
Terbimbing pada Tema Makanan dan Kesehatan. Unnes Science Education Journal: 3(2). 2014
Published
2020-02-05
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.