Pengembangan Media Peta Puzzle Berbasis Adobe Flash Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

  • Agustianamas Ciputra Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Suhanadji - Universitas Negeri Surabaya
  • Suhanadji - Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media Peta Puzzle Berbasis Adobe Flash, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kelayakan dan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media peta puzzle berbasis adobe flash dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Education Research and Development (RnD) dan uji coba hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Hasil validasi terhadap media pembelajaran memiliki kevalidan dan kelayakan yang cukup tinggi dengan memperoleh prosentase kevalidan 86%, hasil penilaian dari ahli isi materi memperoleh prosentase kevalidan seluruhnya 85%, hasil penilaian dari guru kelas IV atau ahli isi materi memperoleh prosentase kevalidan 90% dan hasil tanggapan atau respon pesera didik dilapangan memperoleh prosentase kevalidan seluruhnya 89%. Sedangkan tes hasil belajar peserta didik pretest yang mendapatkan nilai rata- rata 59 sedangkan posttest mendapatkan nilai rata- rata 89. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media peta puzzle berbasis adobe flash dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andang, Ismail. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media

Hariyanto dan Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Jamil, Sya'ban. 2012. Games untuk Keluarga, Jakarta: Republika Penerbit

Pranowo, G. 2011. Kreasi Animasi Interaktifdengan Action Script 3.0 pada Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Andi

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Knalitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Suprijono, agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikast Pakem. Yogyakarta Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Published
2021-01-14
Section
Articles