Implementasi Problem Based Learning dalam Mengoptimalkan Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa Putera Asih Kediri

  • Sufirmansyah Sufirmansyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Laundria Nanda Prameswati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Media, Strategi Pembelajaran, Program Based Learning

Abstract

Abstract: This article aims to reveal the media and learning strategies at Sekolah
Luar Biasa (SLB) Putera Asih Kediri. Education is something important for every
Indonesian citizen. It does not distinguish between gender, ethnicity, race, culture,
religion, even for children with special needs (Anak Berkebutuhan Khusus/ABK).
However, the media and learning strategies used by the teacher in an extraordinary
school (SLB) are certainly different from the teachers in public schools. This article
was written according to a qualitative research that used a case study approach to
reveal the implementation of PBL in SLB Putera Asih Kediri. This article conclude
that every school needs creative teachers to use media and learning strategi es. For
this reason, it is expected that each young generation can utilize media and learning
strategies that are appropriate to the needs of the students. PBL is very relevant
with the needs of ABK in SLB because it can be combined with the teacheroriented

study. PBL can be used as an alternative learning strategy to increase the
understanding of ABK, so they can solve their daily problems

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Jam’ah. “Rancangan Strategi Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Keislaman 12, no. 1 (2013): 9.

Amir, M.Taufik. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidikan Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana, 2009.

Andriani, Tuti. “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi,” 2015, 24.

Dan, Tarbiyah, Keguruan Uin, dan Raden Fatah. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah” 1 (2015): 19.

Dermawan, Oki. “Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 6, no. 2 (28 Februari 2018): 886–97. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206.

Fahdini, Reni, Ence Mulyadi, Deni Suhandani, dan Julia Julia. “Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang.” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (2014): 33–42.

Herman, Tatang. “Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama,” 2007, 10.

Kilroy, D A. “Problem Based Learning.” Emergency Medicine Journal 21, no. 4 (1 Juli 2004): 411–13. https://doi.org/10.1136/emj.2003.012435.

Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 1, no. 2 (2010): 12.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Muhassin, Mohammad. “Peranan Pendidikan Luar Biasa Dalam Pembinaan Anak Tunagrahita: Studi pada Sekolah Luar Biasa (SLB) C Dharma Bakti Pertiwi Bandar Lampung,” t.t., 18.

Oktorina, Fipta. “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Tuna Grahita Kelas VI SLB Negeri Kota Bengkulu Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Media Gambar” 16, no. 1 (2017): 17.

Pradana, Mochamad Desta. “Pengembangan Media Tutorial Mata Kuliah Media Fotografi Pembelajaran.” Edudeena 2, no. 1 (2018): 20.

Ruliansyah, Ruliansyah, Irfan Dwi Jaya, dan Septian Syaputra. “Aplikasi Pembelajaran Dasar Anak Retardasi Mental Berbasis Android (Studi Kasus: Sekolah Luar Biasa (SLB) C Karya Ibu Palembang).” JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi) 3, no. 1 (30 Juni 2017): 73–80. https://doi.org/10.19109/jusifo.v3i1.3861.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Sudarman. “Problem Based Learning : Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan masalah.” Jurnal Pendidikan Inovatif 2, no. 2 (t.t.): 10.

Sufirmansyah, Sufirmansyah. “Reaktualisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Integratif (Telaah Kritis Komparatif di Pesantren, Sekolah, Dan Madrasah).” Realita 6, no. 2 (2018): 157–68.

Syaifulloh, Ahmad. “Pengaruh Strategi Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 3, no. 2 (28 Desember 2016): 121. https://doi.org/10.21580/wa.v3i2.1148.

Tarnoto, Nissa. “Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD.” Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia 13, no. 1 (2016): 50–61.

Telaumbanua, Tetema. “Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Warta Darmawangsa, no. 48 (2016): 42–50.

Umar, Ninda Handayani Muniroh, Parmin Parmin, dan Indah Urwatin Wusqo. “Pengaruh Media Kartu Pintar Tumbuhan Berbasis Science Edutainment terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Tema Gerak Tumbuhan.” Unnes Science Education Journal 5, no. 2 (2016): 1288–97.

Widi, Narulita Anugrahing, dan Rullan Nirwansyah. “Penerapan Aksesibilitas pada Desain Fasilitas Pendidikan Sekolah Luar Biasa” 2, no. 2 (2013): 6.

Winaldi, Iman, dan Agus Setyawan. “Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Untuk Penyandang Tuna Tungu Berbasis Android (Studi Kasus : SLB Madina Serang).” JSiI (Jurnal Sistem Informasi) 5, no. 2 (18 Oktober 2018). https://doi.org/10.30656/jsii.v5i2.779.

Zainuri, Ahmad. “Media Pembelajaran dalam Pandangan Islam.” Medina-Te : Jurnal Studi Islam 14, no. 1 (16 Juli 2018): 1–17. https://doi.org/10.19109/medinate.v14i1.2351.

Zamrony. “Arah Baru Pendidikan Islam: Membangun Epistemologi,” t.t., 25.

Published
2020-06-16
Section
Articles