Analisis Problematika Pendidikan dan Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kabupaten Kerinci

  • Tomi Apra Santosa Universitas Negeri Padang
  • lufri lufri universitas negeri padang
  • Zulyusri Zulyusri
  • abdul razak

Abstract

This study aims to find out the problems of education and learning in SMA Negeri 12 Kerinci and SMA Negeri 7 Kerinci. The research used is qualitative research with case study method. Data collection techniques in the form of observations, interviews, and documentation. The results of the study can be concluded that SMA Negeri 12 Kerinci experienced educational and learning problems, namely the lack of facilities and infrastructure of science laboratories, lack of computers for the National Computer-Based Examination (UNBK), and the lack of activeness of students in the teaching and learning process. SMA Negeri 7 Kerinci has problems with education and learning, namely the lack of management of school facilities and infrastructure and the lack of learning media in the teaching and learning process.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statisti. “Badan Pusat Statistik,” 2019

Aap Pandriana1, Nana Sumarna2, Ridwan A.M. Noor. “Studi Eksplorasi Sarana Prasarana Praktik Dan Motivasi Belajar Siswa Smk.” Journal of Mechanical Engineering Education 4, no. 1 (2017): 1–5

Abidin, Zainul. “PENERAPAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN Zainul Abidin.” Edcomtech 1, no. 1 (2016): 9–20

Achdiyat, Maman. “Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Dan Keaktifan Siswa Di Kelas.” Jurnal Formatif 6, no. 1 (2016): 50–61

Aji, Rizqon Halal Syah. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia :” SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I 7, no. 5 (2020): 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Bancin, Aswin. “MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam).” EducanduM 1, no. 1 (2017): 62–69

Chendrasari W.O1, Christine Natalia2, MM. Wahyuni Inderawati3. “Pendampingan Persiapan Ujian Nasional Berbasis.” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2, no. 1 (2019): 155–61

Creswell, John W. Research: Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Cut Fitriani1, Murniati AR2, Nasir Usman. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan 5, no. 2 (2017): 88–95

Darmastuti, Hajeng. “Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer Dan Informatika Di Smk Negeri 2 Surabaya.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3, no. 3 (2014): 9–20

Effendi, Mukhlison. “Integrasi Pembelajaran Active Learning Dan Internet-Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Belajar Mukhlison Effendi.” Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2013): 283–306

Elgi Syafni1), Yarmis Syukur2), Indra Ibrahim3). “MASALAH BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA.” Jurnal Ilmiah Konseling 2, no. 2 (2013): 15–19

ELIHAM,dkk; ELIHAMI. “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik.” MAHAGURU : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (2018): 30–32

Ellong, Tubagus Djaber Abeng. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Iqra 11, no. 1 (2007): 1–8

Hanafri, Muhammad Iqbal, Muchamad Iqbal, Aditya Budi Prasetyo, and A Pengertian Media Pembelajaran. “Perancangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Komputer Dasar Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android.” JURNAL SISFOTEK GLOBAl 9, no. 1 (2019): 87–92

Hasan, S Hamid. “PENDIDIKAN SEJARAH UNTUK MEMPERKUAT PENDIDIKAN KARAKTER.” Paramita 22, no. 1 (2012): 81–95

Henia Wati1, Abdulkadir Rahardjanto1, Atok Miftachul Hudha1. “PENERAPAN KERANGKA RANCANGAN TANDUR DALAM MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SMPN 03 CANDIPURO LUMAJANG.” JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA 1, no. 1 (2016): 109–23

Hidayatullah, Akhmad, and Al Arifin. “THE IMPLEMENTATION OF MULTICULTURAL EDUCATION IN THE EDUCATIONAL PRACTICES IN INDONESIA .” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi IMPLEMENTASI 1, no. 1 (2012): 72–82

Irfan, M. “Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA.” BIOMA 1, no. 01 (2019): 47–55

Khaira Maulida1, Wirdanengsih Wirdanegsih2. “Upaya Yang Dilakukan Sekolah Di Daerah Terpencil Menghadapi Kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)” 2, no. 3 (2019): 243–50

Kurniawati, Putri Isnaeni, Suminto A Sayuti, and N. “MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMK N 1 KASIHAN BANTUL Putri.” Urnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2013): 98–108

Megasari, Reka. “PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATAN KUALITAS.” Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan Halaman 2, no. 1 (2014): 636–48

Megawanti, Priarti. “Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Formatif 2, no. 3 (2015): 227–34

Mirna Santi, Andika Prajana. “ANALISIS IMPLEMENTASI UJIAN NASIONAL BERBASIS.” Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 2, no. 2 (2018): 84–91

Mohammed, Abdul Khader, and Ahsan Ahmed. “E-Learning Environment with Problem Solving Places for Teaching and Learning of Algorithm Oriented Concept S.” International Conference on Control, Instrumentation, Communication and Computational Technologies (ICCICCT) E-Learning, 2014

Naldi, Hendra. “Urgensi Pengelolaan Pembiayaan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Madrasah.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 19, no. 2 (2019): 105–13

Priyayi, Desy Fajar, Natalia Rosa Keliat, and Susanti Pudji Hastuti. “MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MENURUT PERSPEKTIF GURU BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS ( SMA ) DI SALATIGA DAN KABUPATEN SEMARANG THE PROBLEMS IN LEARNING ACCORDING TO BIOLOGY TEACHER ’ S SENIOR HIGH SCHOOL PERSPECTIVE IN SALATIGA AND.” Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi 2, no. 2 (2018): 85–92

Rahmawati, Fitriana. “PENGARUH STRATEGI INFORMATION SEARCH (IS) DAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG.” LENTERA 2 (2014): 139–48

Rahmiyati, Sri. “THE EFFECTIVENESS OF LABORATORY USE IN.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 1, no. 9 (2008): 88–100

Rasyid, Muhaedah. “Pengaruh Pemberian Kuis Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pangkajene ( Studi Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa ) The Effect of Quiz on Numbered Head Together ( N,” 2014

Reni Ernawati, Et.al. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF-KOOPERATIF TIPE LSA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA SUBKONSEP SISTEM IMUN MANUSIA.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 1 (2016): 90–109

Risi, Michele. “The Importance of Interaction Mechanisms in Blended Learning Courses Involving Problem Solving.” 2018 Thirteenth International Conference on Digital Information Management (ICDIM). IEEE, 2018.

Rizal, Muhammad Syahrul. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 020 KUOK.” JURNAL BASICEDU 2, no. 23 (2018): 111–19

Roza, Desmawati. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak Abstrak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, no. 1 (2020): 267–73. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Saifuddin, Muhammad Luthfi, Stai Ma, and Al Hikam. “KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SARANA PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM DARUSSA’ADAH GUBUGKLAKAH MALANG.” Muhammad Luthfi Saifuddin 1, no. 1 (2019): 54–69

Setyaningih, Sri. “PENGELOLAAN SARANA PRASARANA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR : Sebuah Studi Kasus Di Universitas Negeri Semarang.” Jurnal Managemen Pendidikan - 13, no. 1 (2018): 62–71

Simatupang, Anita Christy, and Aida Fitriani Sitompul. “ANALISIS SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM BIOLOGI DAN PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI.” JURNAL PELITA PENDIDIKAN 6, no. 2 (2013): 109–15

Sundayana2, Imas Komariah1 dan Rostina. “M Eningkatkan A Ktivitas B Elajar M Atematika S Iswa D Engan M Enggunakan M Edia D Omat.” Jurnal “Mosharafa” 6, no. 3 (2017): 323–32

Tafonao, Talizaro. “PERANAN MEDIA Pembelajaran Dalam Meningkatkan The Role Of Instructional Media To Improving.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 103–14

Tri Firmansyah, Achmad Supriyanto, Agus Timan. “Efektivitas Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Layanan.” JMSP: Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 2, no. 3 (2018): 179–84

Published
2021-07-13
Section
Articles