Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan

  • Anwar Hidayat IAIN purwokerto
Keywords: Violence, Children, Trauma

Abstract

Kekerasan yang terjadi terhadap anak dan perempuan tanpa kita sadari sering dilakukan oleh orang orang dewasa. Padahal mereka adalah orang yang memiliki tugas sebagai pelindung anak dan perempuan yang paling utama. Parahnya sebuah survei menyatakan 60 % wanita (ibu ) lebih sering melakukan kekerasan dari pada laki laki (ayah). begitu pula dengan tindak kekerasan terhadap perempuan,yang dimana kebanyakan yang menjadi pelaku adalah orang orang yang berada paling dekat dengan mereka, seperti ayah dan juga suami. Terdapat beberapa hal yang melatar belakangi mengapa kekerasan terhadap anak lebih banyak dilakukan oleh seorang ibu, diantaranya adalah stress dan juga kenangan masa lalu yang suram. Kekerasan terhadap anak dan perempuan itu dapat menyebabkan berbagai macam dampak negatif, diantaranya ialah fisik maupun psikis. Bahkan kekerasan terhadap anak dan perempuan itu memiliki dampak yang sangat berbahaya, yaitu dapat menyebabkan kematian terhadap korban. Dampak lainnya yang juga berbahaya ialah trauma yang berkepanjangan, dikhawatirkan hal tersebut akan memicu adanya pengulangan tindakan kekerasan yang pernah dialaminya, yang menjadi korban adalah anak anak mereka dimasa depan. Pelaku tindakan kekerasan ditindak tegas dalam peraturan perundang-undangan. peraturan tidak memandang bulu, walaupun pelaku adalah orang tuaq sendir tetap di tindak dengan tegas guna meminimalisir dan juga menghentikan tindakan kekerasan yang kerap terjadi. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fikri, Muhammad A. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakulikuler Hizbul Wathan dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Edudikara, 4(1), 52-62.

Azzet, A. M. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Yogyakarta: Kata Hati.

Badan Pusat Statistik Kecamatan Semin. (2019). Kecamatan Semin dalam Angka 2019. diperoleh pada tanggal 06 April 2020.

Broto, R. W. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kepanduan Hizbul Wathan (Studi Terhadap Implementasi Manajemen Kurikulum Pengenal Tingkat Purwa Kepanduan Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah se Kulon Progo). Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 192-203.

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Delita, Fitra. 2016. Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning Pada Mata Kulah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Medan Vol.8 No.2.

Kholis, A. (2016). Identifikasi Hard Skill dan Soft Skill Sarjana Akuntansi (Studi Empiris di Kota Medan). Jurnal Mediasi, 05(02), 37-46.

Kusumandari, N. R. P. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Hizbul Wathan untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 267-278.

Luhuringbudi, T., Utami, D. N., & Purnomo, H. (2020). Interconnection of Science, Islamic Religion, and Philosophy of Science. Jurnal Khatulistiwa: Journal of Islamic Studies, 10(1), 5-27. http://10.24260/khatulistiwa.v10i1.1700

Mansir, F., Purnomo, H., & Tumin. (2020). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Sains Budaya Lokal Di Sekolah dan Madrasah. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(1), 70-79. http://10.17509/t.v7i1. 23478

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Nomor 62 Tahun Tentang Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Pasal 1 dan 2.

Prihatin, Eka. 2011. Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.

Purnomo, H., Karim, A., Rahmatullah, A. S., Sudrajat, S. (2020). Principals’ Personality, Leadership, Teachers’ Job Satisfaction and Students’ Achievement. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(08), 4581-4596. https://10.37200/IJPR/V24I8/PR280475

Purnomo, H., Mahpudin., & Sunanto, L. (2020). Pengelolaan Kelas Belajar di Era 4.0. Jurnal Elementaria Edukasia Volume 3(1), 112-119.

Purnomo, H., Mansir F., Tumin. (2020). School Relationship Management with the Community: Analysis of Program Activity Needs. Jurnal Istawa: Jurnal Pendidikan Islam (IJPI), 5(2), 132-145. https://10.24269/ijpi.v5i2.2612

Purnomo, H., Mansir, F., Tumin., & Suliswiyadi.. (2020). Pendidikan Karakter Islami pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91-100. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3456

Purwoastuti., Endang., & Siwi, E. W. 2015. Perilaku dan Sooft skills Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Pres.

Putri, N. I. J., & Fridayati, L. (2020). Profil Soft Skill dan Hard Skill Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Kapita Selekta Geografi, 3(1), 22-28.

Suryanto, D., Kamdi, W, & Sutrisno (2013). Relevansi soft skill yang dibutuhkan dunia usaha/industri dengan yang dibelajarkan di sekolah menengah kejuruan, Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 36(2), 107-118.

Published
2021-07-13
Section
Articles