Implikasi Pembelajaran Daring (Online Learning) pada Pembelajaran PAI

  • Mahmudah - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Luthfi Yasykur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Distance Learning, Online Learning, Islamic Education.

Abstract

The development of technology brings impacts in many aspects, include education. The presence of internet rise the access and opportunity for getting the study anywhere and everywhere. Islamic education occupies a strategic position for responding to the development of technology and takes advantage of these opportunities to further innovate in learning to create a conducive, interactive, and acceptable by the challenges and demands of internet generation. The study uses library research with descriptive-analytical method. The data would be displayed and analyzed critically through primary and secondary resources of the topics. The results show that distance and online learning in PAI provide convenience for both students and teachers to carry out the process of learning from anywhere and anytime. Distance and online learning in PAI also cultivate the moral knowing and feeling of PAI materials but in the dimensions of behavior, conventional method is more appropriately. Therefore, the concepts of distance and online learning in PAI have to be combined with conventional learning so that student mastery is not only limited in knowing and feeling but also in behavior. Thus, it is expected that students can master all aspects of PAI include moral knowing, feeling, and behavior.

 

Perkembangan teknologi memberikan dampak dalam berbagai aspek, termasuk pendidikan. Kehadiran internet meningkatkan akses dan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran di mana saja dan di mana saja. Pendidikan Islam menempati pos isi strategis untuk merespon perkembangan teknolo gi dan memanfaatkan peluang ini untuk berinovasi dalam menciptakan ruang belajar y a ng kondusif, interaktif, dan dapat menjawab tantangan dan tuntutan generasi internet. Studi ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan metode deskriptif - analitis. Data ak an ditampilkan dan dianalisis secara kritis melalui sumber daya primer dan sekunde r dari topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring ( online learning ) PAI memberikan kemudahan bagi siswa dan guru untuk melakuk an proses pembelajaran dari m ana saja dan kapan saja. Pembelajaran daring PAI juga menumbuhkan pengetahuan ( mor a l knowing ) dan perasaan ( moral feeling ) tentang moral yang termuat dalam materi PAI , tetapi dalam menanamkan perilaku metode konvensional dinila i lebih tepat. Oleh karena it u, konsep pembelajaran daring PAI harus dikombinasikan d engan pembelajaran konvens i onal sehingga penguasaan siswa tidak hanya terbatas dalam mengetahui dan merasakan tetapi juga menerapkannya dalam kebiasaan . Dengan demikian, d iharapkan siswa dapat menguas ai semua aspek PAI termasuk moral knowing, moral feeling , dan moral behavior.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, Siti, 2019, Mau Jadi Guru Millenial?Yuk Buat Media Pembelajaran Berbasis Android, Sukabumi: Jejak.

Basuki, Agung, Sistem Pendidikan bagi Generasi Z (Gen Z), Jurnal Lingkar Widyaiswara, Edisi 7, Nomor 1, Tahun 2020.

Bates, A.W. Tony, 2005, Technology, E-Learning, and Distance Education, New York: Routledge.

Clark, Ruth Calvin., E. Mayer, Richard., 2003, E-learning and the Science of Instruction, San Fransisco: Pfeiffer.

Dalmeri, Pendidikan untuk Pengembangan Karakter: Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character, Al-Ulum, Volume 14, Nomor 1, Juni 2014.

Grene, Rebecca, 2006, Belajar Tak Hanya di Sekolah, terj. Valentinus Eric, Jakarta: Erlangga.


https://usdla.org/ diakses pada 28 Februari 2020 pukul 12.40 WIB.

Jaelani, Ahmad, dkk, Penggunaan Media Online dalam Proses Belajar Mengajar PAI di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pustaka dan Observasi Online, Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, Volume 8, Nomor 1, Tahun 2020.

Jolliffe, Alan., Ritter, Jonathan., Stevens, David., 2012, The Online Learning Handbook, New York: Routledge.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Mestika, Zed, 2008, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Miller, Gary E., 2005, Encyclopedia of Distance Learning Second Edition, United State: IGI Global.

Moore, Joi L., 2011, E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They The Same?, Elsevier, Internet and Higher Education Vol. 14 Tahun 2011.

Munir, 2009, Pembelajaran Jarak Jauh; Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta.

Nadiroh, dkk, 2020, Merdeka Belajar dalam Mencapai Indonesia Maju 2045, Jakarta: UNJ Press.

Nguyen, Tuan, 2015, The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons, MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, Vol. 11, No. 2, June 2015.

Payobadar, Hendra, http://payobadar.blogspot.com/2015/04/konsep-sejarah-pendidikan-jarak-jauh.html, diakses pada tanggal 27 Februari 2020 pukul 03.22 WIB.

Prawiradilaga, Dewi Salma, 2016, Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning, Jakarta: Kencana.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI, 2007, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bagian 4: Pendidikan Lintas Bidang, Bandung: Imtima.
Published
2022-01-30