Desain Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Neurosains untuk Menjaga Postur Tubuh Siswa

  • Sukma Dewi Hapsari Universitas Ahmad Dahlan
  • Suyadi Suyadi Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Ergonomics, Islamic Education, Learning Design, Neuroscience

Abstract

Learning in Indonesia has been very less concerned with the condition of students, especially aspects of ergonomics that determine comfort, aesthetics and function. The research aims to analyze the design of neuroscience-based Islamic educational learning, which pays attention to the ergonomic dimensions of students when studying. This research approach is a qualitative type of literature. The source of this research data is the publication of both articles in journals and books indexed synta 1-6. Data collection techniques are carried out by tracing references in google scholar data base through keywords of learning design, Islamic education, neuroscience, posture and sitting position. The collected data is then analyzed descriptively which includes display, reduction, interpretation and meaning creativity. The results showed that so far learning has not been designed with attention to ergonomics and anthropometrics. Therefore the design of tables and chairs in learning should pay attention to ten anthropometric aspects, namely height, weight, body mass index, poplitea height, butt length, and hip width. This is necessary in order to produce an ideal or comfortable table and chair output for students in learning, so that it will not experience so-called back pain and spinal abnormalities.

Pembelajaran di Indonesia selama ini sangat kurang memperhatikan kondisi dari siswa, khususnya aspek ergonomi yang menentukan kenyamanan, estetika dan fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pembelajaran pendidikan Islam berbasis neurosains, yang memperhatikan dimensi ergonomi siswa ketika belajar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis kepustakaan. Sumber data penelitian ini merupakan publikasi baik artikel pada jurnal maupun buku yang terindeks sinta 1-6. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri referensi dalam data base google cendekia melalui kata kunci desain pembelajaran, ergonomi, neurosains, pendidikan Islam, postur tubuh. Data yang terkumpul kemudian dianalisis deskriptif yang meliputi display, reduksi, interpretasi dan meaning creativity. Hasil penelitian menunjukan bahwa selama ini pembelajaran belum didesain dengan memperhatikan ergonomi dan antropometrik. Oleh karena itu desain meja dan kursi dalam pembelajaran hendaknya memperhatikan sepuluh aspek antropometrik, yaitu tinggi badan, berat badan, indeks massa tubuh, tinggi poplitea, panjang pantat, dan lebar pinggul. Hal ini diperlukan agar bisa menghasilkan output meja dan kursi yang ideal atau nyaman digunakan untuk siswa dalam belajar, sehingga tidak akan mengalami yang namanya nyeri punggung dan kelainan tulang belakang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albarado, Aan Pravo, and Viarti Eminita. “Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mts Khazanah Kebajikan.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika Fibonacci, 6(2), 167-174, 2020.

Ayunda, A Z. “Keefektifan Pembelajaran Pendidikan Islam Secara Daring Di Tengah Situasi Social Distancing Akibat Penyebaran Covid-19 “Di Madrasah Aliyah Negeri 2 ….” Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 99-112, 2020.

Fajartriani, Tia, and Wawan Karsiwan. “Manajemen Pengadaan Sarana Prasarana Sekolah.” Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 162-168, 2021. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.907.

Guo, Guang Ming, Jun Li, Qing Xun Diao, Tai Hang Zhu, Zhong Xue Song, Yang Yang Guo, and Yan Zheng Gao. “Cervical Lordosis in Asymptomatic Individuals: A Meta-Analysis.” Journal of Orthopaedic Surgery and Research, 13(1), 1-7, 2018. https://doi.org/10.1186/s13018-018-0854-6.

Harahap, Angga Winata, and Hamidah D. “Optimalisasi Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(1), 154-160, 2019. https://doi.org/10.37755/jsap.v8i1.202.

Heckman, James J, Rodrigo Pinto, and Peter A. Savelyev. “Skoliosis.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2019.

I Made Sutajaya, Pande Wayan Mustika. “Ergonomi Dalam Pembelajaran Menunjang Profesionalisme Guru Di Era Global.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 82-96, 2016. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8933.

Karki, Utkarsh, Gunjan Dhonju, and Arun Raj Kunwar. “Parenting during the COVID-19 Pandemic.” Journal of the Nepal Medical Association, 58(231), 957, 2020. https://doi.org/10.31729/jnma.5319.

Kurniawati, Nia, Noorhana Fadilla, and Mohammad Ali. “Perbandingan Pengaruh Self Correction Dan Task Oriented Exercise Dengan Klapp Exercise Terhadap Derajat Skoliosis Siswa SMP Dengan Skoliosis Idiopatik Tipe C.” Quality : Jurnal Kesehatan, 13(2), 82-90, 2019. https://doi.org/10.36082/qjk.v13i2.78.

Loeb, Susanna, Luke C. Miller, Katharine O. Strunk, & Bailey. L. Sirota. E., Brian W. Lagotte, Brian W. Lagotte, Mohd Fahridzakki, et al. “The Development Of Energy Efficiency Estimation System For Domestic Housing By Using Quality Function Deployment Approach Ptta.” Open Review of Educational Research, 79, 513-519, 2014.

Maftuh, Moch Fadhli Zhafir. “Pendidikan Agama Islam.” Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan, 2017.

Maslahat, Meta Malihatul. “Manusia Holistik Dalam Perspektif Psikologi Dan Tasawuf.” Syifa Al-Qulub, 4(1), 2019. https://doi.org/10.15575/saq.v%vi%i.5242.

Mayasari, Diana, and Fitria Saftarina. “Ergonomi Sebagai Upaya Pencegahan Musculoskletal Disorders Pada Pekerja.” Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(2), 369-379, 2016.

Muhimmah, Imroatum, and Suyadi Suyadi. “Neurosains Dan Spiritualitas Dalam Pendidikan Islam.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 68-87, 2020. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.2880.

Nabila, Edwina. “Efektivitas Skoliometer Sebagai Alat Deteksi Dini Skoliosis.” Health & Medical Journal, 2(1), 58-61, 2020. https://doi.org/10.33854/heme.v2i1.297.

Oyewole, Samuel A., Joel M. Haight, and Andris Freivalds. “The Ergonomic Design of Classroom Furniture/Computer Work Station for First Graders in the Elementary School.” International Journal of Industrial Ergonomics, 40(4), 437-447, 2010. https://doi.org/10.1016/j.ergon.2010.02.002.

Prastiwi, Rema Ira, Rizka Risy W, and Sri Lestari. “Postur Kifosis Menyebabkan Gangguan Keseimbangan Statis Lansia.” Jurnal Keterapian Fisik, 5(2), 139-145, 2020. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i2.225.

Ramli, M. “Hakikat Pendidikan Dan Peserta Didik.” Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 2015.

Rosadi, Rakhmad. Hubungan Pola Sikap Duduk Terhadap Terjadinya Skoliosis Pada Anak Usia 11-13 Tahun di SDN Pabelan. 2009. PhD Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saifurrahman, and Suyadi. “Desain Pembelajaran Keagamaan Islam Berbasis Neurosains.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 6, no. 1 (2019): 55–73.

Sari, Milya, and Asmendri. “Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research).” Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2018.

Satria, Eri, Sri Rahayu, and Jubaedi Jubaedi. “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Anatomi Tubuh Pada Manusia Berbasis Android.” Jurnal Algoritma, 18(1), 69-76, 2021. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-1.839.

Suganda, Rizky, Endro Sutrisno, and Irawan Wisnu Wardana. “Anatomi Dan Fisiologi Tulang Belakang.” Journal of Chemical Information and Modeling, 2013.

Sugiyono, Prof.Dr. metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. (2016).

Surabaya, Dinas Kesehatan. “Jenis Penyakit Musculoskletal.” Website Resmi Dinas Kesehatan Surabaya, 2019. http://dinkes.surabaya.go.id/portalv2/.

Suyadi. “Integrasi Pendidikan Islam Dan Neurosains Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Dasar (PGMI).” Al-Bidayah, 4(1), 2012.

———. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Edited by Nita Nur Muliawati. 4th ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Suyadi, Sumaryati, and Dwi Hastuti. Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini. 1st ed. Yogyakarta: UAD Press, 2019.

Suyadi, Suyadi. “Hybridization of Islamic Education and Neuroscience: Transdisciplinary Studies of ’Aql in the Quran and the Brain in Neuroscience.” Dinamika Ilmu, 19(2), 237-249, 2019. https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1601.

———. “Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dalam Perspektif Neurosains: Robotik, Akademik, Dan Saintifik.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 273-304, 2019. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3255.

———. “Perencanaan Dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2017. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-06.

Suyadi, and Hendro Widodo. “Millennialization of Islamic Education Based on Neuroscience in the Third Generation University in Yogyakarta Indonesia.” Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(1), 173-202, 2019. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i1.4922.

Umamah, Farida, Nurul Kamariyah, and Firdaus Firdaus. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keluhan Nyeri Punggung Pada Siswa Di SMP Laboratorium UNESA Surabaya.” Jurnal Surya, 11(2), 28-37, 2019. https://doi.org/10.38040/js.v11i02.36.

Widiastuti, Ciptari, Totok Budi Santoso. “Pengaruh Core Stability Exercise Terhadap Kekuatan Otot-Otot Lumbal Akibat Pemakaian Sepatu Hak Tinggi Pada Sales Promotion Girl.” Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

Yaniawati, Poppy. “Penelitian Studi Kepustakaan.” Penelitian Kepustakaan (Liberary Research), 2020.

Published
2022-01-30