Pembentukan Karakter Mahasiswa UINSU Medan Melalui Konsep Wahdatul Ulum
Abstract
This research carrying out into describe the formation of student character through the concept of wahdatul ulum. The purpose of this research was into grant in explanation of the role of wahdatul ulum in make up character and into detailed student compliance with the applied wahdatul ulum. The method used for this research is into detailed a descriptive on explanation by utilizing analysis and theoretical basis, so that the focus of the research is in accordance with the results that occur in the object and subject of research. The method used is also for develop broad and fully detailed insights regarding the role of the wahdatul ulum concept of define and into develop good individuals in community lively and the world of education.
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter mahasiswa melalui konsep wahdatul ulum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai peran wahdatul ulum dalam membentuk karakter dan mengetahui kepatuhan mahasiswa terhadap wahdatul ulum yang diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, pendeskripsian secara rinci tentang penjelasan dengan memanfaatkan analisis dan landasan teori, sehingga fokus penelitian sesuai dengan hasil yang terjadi pada objek dan subjek penelitian. Metode yang digunakan juga untuk mengembangkan wawasan yang luas dan mendetail mengenai peran konsep wahdatul ulum dalam menentukan dan mengembangkan individu yang baik dalam kehidupan masyarakat dan dunia pendidikan.
Downloads
References
Ainiyah, Nur dan Nazar Husain Hadi Pranata Wibawa.â€Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islamâ€. Jurnal Al U’lum. 13, no 1 (2013):25-38, https://media.neliti.com/media/publications/195611-none-05b1535d.pdf
Ali Ramdhani, Muhammad,.â€Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakterâ€. Jurnal pendidikan Universitas Garut,. 8, no (2014):28-37, ISSN 1907-932X, https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/eL-SANTRY/article/view/198
Azizah, Nur. “Perilaku Moral Dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum Dan Agamaâ€. Jurnal Psikologi. 33, no (2015)1-16, ISSN 0215-8884, https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7078
Fauzi, Bagus. “Integrasi Pendidikan Nilai Nilai Islam dalam Pembelajaranâ€. Jurnal Al-Ta’dib. 1(2020):12-26, https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/eL-SANTRY/article/view/198
Fridayanto,. “Paradigma Wahdatul Ulum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Sebuah Upaya Filosofis Menghadapi Era Dirupsi,â€. Jurnal Analytica Islamica. 21, (2019):149-155, http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/7078
Fridayanto, Paradigma Wahdatul Ulum UIN Sumatera Utara, (Malang: Literasi Nusantara 2020), 13
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hal. 163.
Harahap, Syahrin. Wahdatul Ulum Paradigma Pengembangan Keilmuan Dan Karakter Lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Medan: IAIN Press, 2019
Hudi, Ilham. “Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orang Tuaâ€. Jurnal Moral Kemasyarakatan, Volume 2. (2017):30-44, https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/1698
Khoiron Nawali, Ainna. “Hakikat, Nilai Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter
(Akhlak) Dalam Islamâ€. Jurnal TA’LIM: Studi Pendidikan Islam, Volume 1, (2018):105-126, http://ejurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/955
La Hadisi.â€Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Diniâ€,.8(2015):50-69, https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=pendidikan+karakter+anak+usia+dini&oq=pendidikan+karakter+anak#d
=gs_qabs&u=%23p%3DSDQU0lMaFpoJ
Lickona, Thomas. Educating for Character;How Our School Can Teach Respect and esponsibility. Manhattan: Random House Publishing Group, 2009.
Mayeni Manurung, Monica dan Rahmadi. “Indentifikasi Faktor Faktor Pembentukan Karakter Mahasiswaâ€. Jurnal Analisis Pendidikan Tinggi.1, (2017)41-46, ISSN 2580-5339, http://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/63
Nagrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta, 2014
Nurhidayat,. “Integrasi Ilmu Pada Program Studi Manajeman Perbankan Syariah Dan Pengaruhnya Terhadap Kompentensi Lulusanâ€. Jurnal Ekonomi Islam,. 9, (2018)169-196, ISSN 2087-7056, https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei/article/download/2490/716
Nurpratiwi, Hany. “Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Moralâ€. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sisial Indonesia,. 8, (2021):29-43, ISSN 2355-0139, https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/view/38954
Parluhutan Siregar, wawancara (Medan, 22 Oktober 2021)
Reski Mulia, Harpan, Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak, Jurnal pendidikan islam, Volume 15, (2020):118-129, ISSN 1907-672X, http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/3092
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatid, dan r & d). Bandung: Alfabeta, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatid, dan r & d). Bandung: Alfabeta, 2012
Suharsimi, Arikunsto. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta, 2010
UZ, Wawancara (Medan, 24 Oktober 2021)
Copyright (c) 2022 AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.