Peningkatan Motivasi , Berfikir Kritis Melalui Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis POE (Prediksi, Observasi, Explain)

  • Evita Rosilia Dewi dosen
Keywords: Critical Thinking, Module, Motivation, POE

Abstract

Biology learning in class X SMA N 1 Kedunggar has not involved students fully because learning is still conventional in nature, thus making students less active in learning. Based on interviews with biology teachers, in the implementation of learning students tend to be less focused and just listen. One of the difficulties in studying biology according to students is because biology material tends to memorize a lot. Improving the quality of learning in schools is done by a variety of strategies, one alternative that can be taken is the development of teaching materials. Learning is needed that applies a factual learning model so that students are able to explore the knowledge gained and be able to think critically like POE-based modules. This module is expected to be able to develop students' motivation and critical thinking in learning, especially in environmental pollution material. This research was designed as a research and development (R&D). The development of POE-oriented print modules in this study adapted the 4D model (define, design, develop and disseminate) from Thiagarajan, et.al (1974). The results showed that there was an increase in motivation and empowerment of critical thinking through the POE model in learning science on environmental pollution material in SMA Negeri 1 Kedunggalar.

Pembelajaran biologi di kelas X SMA N 1 Kedunggar belum melibatkan siswa sepenuhnya karena pembelajaran masih bersifat konvensional, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Sesuai wawancara dengan pengajar biologi, dalam pelaksanaan pembelajaran siswa cenderung kurang fokus serta hanya mendengarkan saja. Salah satu kesulitan belajar biologi menurut siswa yaitu karena materi biologi cenderung banyak hafalan. Peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dilakukan menggunakan banyak sekali seni manajemen, salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah pengembangan bahan ajar. Dibutuhkan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran yang bersifat faktual sehingga siswa mampu menggali pengetahuan yang didapat serta mampu berpikir dengan kritis seperti modul berbasis POE. Modul ini diharapkan mampu membuat motivasi serta berfikir kritis peserta didik dalam belajar, khususnya pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dibuat menjadi penelitian pengembangan (Research and Development) atau diklaim menggunakan penelitian R&D. Pengembangan modul cetak berorientasi POE dalam penelitian ini mengadaptasi contoh 4D (define, design, develop and disseminate) dari Thiagarajan, et.al (1974). Hal yang akan terjadi dalam penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi serta pemberdayaan berpikir kritis melalui model POE dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kedunggalar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media, 2017.

B Uno, Hamzah. Teori Motivasi & Pengukurannya. Bumi Aksara, 2007.

Facione, N. C., and P. A. Facione. “Externalizing the Critical Thinking in Knowledge Development and Clinical Judgment.” Nursing Outlook 44, no. 3 (June 1996): 129–36. https://doi.org/10.1016/s0029-6554(06)80005-9.

Hamdu, Ghullam, and Lisa Agustina. “ Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar” 12 (2011): 82–90.

“Pengaruh Model Pembelajaran POR (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa | RESTAMI | Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia.” Accessed January 29, 2022. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/716.

“ Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa | Widyaningrum | Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi.” Accessed January 29, 2022. https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/3920.

Presiden Republik Indonesia.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 26 (n.d.).

Sumirat, Fanny. “Efektivitas Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Memfasilitasi Perubahan Konseptual Siswa Sekolah Dasar.” Masters, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012. http://repository.upi.edu.

Warsono. Pembelajaran aktif: teori dan asesme. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=51237&pRegionCode=JIUNMAL&pClientId=111.

Wiguna, Cipta Suhud. “Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik.” Jurnal Geografi Gea 13, no. 1 (August 19, 2016). https://doi.org/10.17509/gea.v13i1.3306.

Published
2022-01-30