Dinamika Motivasi Belajar Mahasiswa yang Sudah Menikah di IAIN Kerinci

  • Ahmad Khairul Nuzuli IAIN KERINCI
  • Agung Tri Prasetia IAIN Kerinci
  • Puji Kurnia IAIN Kerinci
  • Rezki Rosalia Indah IAIN Kerinci
  • Ria Julita Sari IAIN Kerinci
  • Rahmat Rhafizt P IAIN Kerinci
Keywords: Dynamics, Learning Motivation, Married, Students

Abstract

Abstract: Students who decide to get married face various challenges in completing their studies. Learning motivation is a motivating factor for married students in carrying out their education process well. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. The research subjects were three married students from the Kerinci State Islamic Institute (IAIN). Data collection is done by interview. The results showed that the learning motivation of married students came from external sources, namely wanting to finish college so that after graduation, they could focus on taking care of their children and the support of parents and husbands to complete their studies immediately. The challenges in managing their learning motivation are related to the distance between home and campus—difficulty handling time in carrying out duties as a student and wife. The study's results also show that the ability to divide roles between husband and wife can help married students deal with time management problems.

Keywords: Dynamics, Learning Motivation, Married, Students

 

Abstract: Mahasiswa yang memutuskan menikah menghadapi berbagai tantangan dalam menyelesaikan studinya. Motivasi belajar menjadi faktor pendorong bagi mahasiswa yang sudah menikah dalam  menjalani proses pendidikannya dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Femenologi.  Subyek penelitian mreupakan tiga mahasiswa  Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Kerinci  yang  sudah  menikah  . Pengumpulan   data   dilakukan   dengan  wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa  yang sudah menikah bersumber dari eksternal, yaitu ingin menyelesaikan kuliah agar setelah tamat bisa fokus mengurus anak dan adanya dukungan orang tua dan suami untuk segera menyelesaikan perkuliahannya. Tantangan yang dihadapi dalam mengelola motivasi belajarnya terkait dengan kendala jarak  antara rumah dan kampus. Kesulitan memanajemen waktu dalam pelaksanaan tugas sebagai mahasiswa dan istri. Hasil studi juga menunjukkan bahwa kemampuan membagi peran antara suami dan istri dapt membantu mahasiswa yang sudah menikah dalam mengahadapi masalah manajemen waktunya.

Kata kunci : Dinamika, Mahasiswa, Menikah, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Rujukan

Asrori, and Mohammad. PenelitianTindakanKelas. Bandung: CV Wacana Prima, 2008.

Barr, Farah Dzil, and Idris Harta. “Analisis Manajemen Waktu Organisasi Dan Kuliah Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta.†PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2016, 280-285.

Habibahi, Aisyiyah, and Ningrum. “Studi Tentang Status Perkawinan Mahasiswa Reguler PGSD Tegal Hubungannya Dengan Prestasi Akademik.†Journal of Elementary Education 1, no. 1 (2012): 17–24.

Hadi, Sumasno. “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi.†Jurnal Ilmu Pendidikan 22, no. 1 (2016): 74–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i1.8721.

Juliawati, Dosi, and Hardianti Marsela. “Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Yang Menikah Saat Menempuh Masa Kuliah.†Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan 13, no. 2 (2017): 43–44.

Masni, Harbeng. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.†Jurnal Ilmiha Dikdaya 5, no. 1 (2015): 3–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64.

Monika, and Adman. “Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.†Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2, no. 2 (2017): 219–26.

Najah, Afiatun. “Self Regulated Learning Mahasiswi Ditinjau Dari Status Pernikahan.†Educational Psychology Journal 1, no. 1 (2012): 17–24.

Nuzuli, Ahmad Khairul, and Ivan Sunata. “Dinamika Komunikasi Pada Keluarga Yang Memiliki Istri Berpenghasilan Lebih Dari Suami.†Jurnal Komunikasi Profesional 6, no. 2 (2022): 158–68. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/4496.

Olpiani, Fitri. “Otivasi Belajar Mahasiswa Prodi PAI Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya (Studi Pada Mahasiswa Yang Sudah Menikah).†IAIN Palangka Raya, 2020.

Palupi, Retno. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Di Smpn N 1 Pacitan.†Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 2 (2014).

Rosida, Umi Latifatur. “Self Management Pada Mahasiswa Yang Sudah Menikah,†2021.

Rumbewas, Selfia S., Beatus M. Laka, and Naftali Meokbun. “Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sd Negeri Saribi.†Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains 2, no. 2 (2018): 201–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i2.607.

Sari, and Nurwidawati. “Studi Kasus Kehidupaan Pernikahan Mahasiswa Yang Menikah Saat Menempuh Kuliah.†Jurnal Penelitian Psikologi 2, no. 2 (2013): 1–8.

Suciani, Darabila, and Yuli Asmi Rozali. “Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul.†Jurnal Psikologi 12, no. 2 (2014): 46.

TL, Dian Indriana, Amerti Irvin Widowati, and Surjawati Surjawati. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik : Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Semarang.†Jurnal Dinamika Sosial Budaya 18, no. 1 (November 2017): 39. https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.557.

Published
2023-01-20
Section
Articles