Pemikiran Pendidikan Mohammad Hatta dalam Perspektif Pendidikan Islam

  • Ahmad Syauqi Fuady STIT Muhammadiyah Bojonegoro
  • Samsudin STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
Keywords: Education, Thought, Mohammad Hatta, Islam

Abstract

Abstract: This article aims to analyze Mohammad Hatta's conception of educational thought from the perspective of Islamic education. Islam became an integral character of Mohammad Hatta's person, with an Islamic pattern that tends to be substantive rather than legal-formal. The writing of this article is directed to examine the extent of the influence and linkage of Mohammad Hatta's Islamic faith in the thoughts and views of education that he aspires to. This research is a library using the primary literature sources of Mohammad Hatta's writings in the Collection of Essays I and the Collection of Essays IV. The data analysis technique used is Content Analysis. The results of this study are as follows: First, faith is the main foundation in implementing Islamic education. Faith in God, as reflected in the First Precept of Pancasila, is used as a philosophical foundation for the implementation of life in aspects of government, politics, economy, socio-culture, and education. Second, knowledge for Hatta is the main instrument needed by humans in the world both to worship God and the management the universe for prosperity and well-being. Although for Hatta, science and religion have different areas of study and methods, the two cannot be separated. Third, education for Mohammad Hatta is aimed mainly at forming and creating a solid community life. Nevertheless, a stable society can be upright if individuals of faith, purity, brilliance, intelligence, intelligence and creativity sustain it.

Keywords: Education, Thought, Mohammad Hatta, Islam

 

Abstract: Artikel ini bertujuan melakukan analisis terhadap konsepsi pemikiran pendidikan Mohammad Hatta dalam perspektif pendidikan Islam. Islam menjadi karakter integral bagi pribadi Mohammad Hatta, dengan corak keberislaman yang cenderung substantif dibandingkan legal-formal. Penulisan artikel ini diarahkan untuk mengkaji sejauh mana pengaruh dan keterkaitan keberislaman Mohammad Hatta dalam pemikiran dan pandangan pendidikan yang dicita-citakan. Penelitian ini merupakan library research menggunakan sumber kepustakaan utama tulisan Mohammad Hatta dalam Kumpulan Karangan I dan Kumpulan Karangan IV. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Isi (content analysis). Hasil kajian ini adalah: Pertama, keimanan merupakan pondasi utama dalam pelaksanaan pendidikan Islam. Keimanan kepada Tuhan, sebagaimana tercermin dalam Sila Pertama Pancasila, digunakan sebagai landasan filosofis bagi pelaksanaan kehidupan baik dalam aspek pemerintahan, politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pendidikan. Kedua, ilmu bagi Hatta adalah instrumen utama yang diperlukan oleh manusia di dunia baik untuk beribadah kepada Tuhan, maupun dalam pengelolaan alam semesta bagi kemakmuran dan kesejahteraan. Meskipun bagi Hatta ilmu dan agama memiliki wilayah kajian dan metode berbeda, keduanya tidak bisa dipisahkan. Ketiga, pendidikan bagi Mohammad Hatta ditujukan, utamanya untuk membentuk dan menciptakan kehidupan masyarakat yang kokoh. Meskipun demikian, masyarakat yang kuat dan kokoh dapat tegak jika ditopang oleh individu-individu yang beriman, bertakwa, cemerlang, pintar, cerdas dan kreatif.

Keywords: Pendidikan, Pemikiran, Mohammad Hatta, Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Islam dan Sekularisme (Bandung, PIMPIN dengan CASIS UTM, 2011).

Ali-Fauzi, Ihsan. “The Politic of Salt, Not the Politics of Lipstick: Mohammad Hatta on Islam and Nationalismâ€, Studia Islamika: Indonesian Journal of Islamic Studies, Vol. 9, No. 2, 2022. DOI: 10.15408/sdi.v9i2.667

Andri, Andi. “Kemerdekaan dan Kedaulatan Rakyat dalam Perspektif Mohammad Hatta dan Islamâ€, Jurnal Manthiq, Vol. 2, No. 2, November 2017. http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v2i2.668

Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Metodologi Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Departemen Agama RI, 2002).

Farid, Muhammad. “Traces of The Socialist in Exile: Mohammad Hatta and Sutan Sjahrirâ€, The Journal of The Society and Media, April 2020, Vol 4(1). https://doi.org/10.26740/jsm.v4n1.p133-155

Fuady, Ahmad Syauqi. “Islam dan Pendidikan: Studi Pemikiran Mohammad Hattaâ€, Jurnal at-Tuhfah, Vol. 7, No. 1, 2019. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v8i1.161

Fuady, Ahmad Syauqi. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Mohammad Hattaterhadap Pendidikan Islam di Indonesiaâ€, Jurnal Pendidikan Islam Uhamka, Vol. 11, No. 2, November 2020. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i2.5719

Fuady, Ahmad Syauqi. “Pancasila Perspektif Mohammad Hatta sebagai Dasar Pendidikan Islam Indonesia", Prosiding Ancoms, Vol 3, No. 1, 2019. https://doi.org/10.36835/ancoms.v3i1.286

Haruki, Yamamoto. Gelora Menuju Indonesia Baru (Jakarta: Dian Rakyat, 2010).

Hatta, Mohammad. Demokrasi Kita, Bebas Aktif, Ekonomi Masa Depan (Jakarta: UI Press, cetakan ketiga 1997).

Hatta, Mohammad. Ilmu Daripada Masyarakat, dalam Kumpulan Karangan IV (Jakarta: Penerbitan dan Balai Buku Indonesia, 1954).

Hatta, Mohammad. Islam dan Pembangunan Masyarakat I. Wangsa Widjaja dan Meutia F. Swasono, Kumpulan Pidato II dari Tahun 1951 s.d 1979 (Jakarta: Inti Idayu Press, 1983).

Hatta, Mohammad. Kebudayaan, dalam Kumpulan Karangan IV (Jakarta: Penerbitan dan Balai Buku Indonesia, 1954).

Hatta, Mohammad. Perguruan Nasional dalam Kumpulan Karangan IV (Jakarta: Penerbitan dan Balai Buku Indonesia, 1954).

Hatta, Mohammad. Soal Pengajaran dalam Kumpulan Karangan IV (Jakarta: Penerbitan dan Balai Buku Indonesia, 1954).

Hatta, Mohammad. Sosialisme di Indonesia I. Wangsa Widjaja dan Meutia F. Swasono, Kumpulan Pidato II dari Tahun 1951 s.d 1979 (Jakarta: Inti Idayu Press, 1983).

Iqbal, Muhammad. “Mohammad Hatta dan Partai Demokrasi Islam Indonesia: Dinamika Hubungan Pemikiran Agama dan Politikâ€, Jurnal Madania, Vol. XVIII, No 2, Desember 2014. http://dx.doi.org/10.29300/madania.v18i2.16

Kahin, George McT.. “In Memoriam: Mohammad Hatta, (1902-1980).†Indonesia, no. 30 (1980): 113–19. http://www.jstor.org/stable/3350828.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. Islam dan Masalah Kenegaraan, Jakarta: LP3ES, 1985.

Maryono. “Bung Hatta, Proklamator, Ilmuwan, Penulis dan Karya-karyanya: Sebuah Analisis Bio-Bibliometrikâ€, Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. XI, No. 2, 2015. https://doi.org/10.22146/bip.10033

Muallimah, Sitti. “Konsep Ekonomi Kerakyatan Mohammad Hatta dalam Tinjauan Maqashid Syari’ahâ€, Jurnal Investasi Islam, Vol 3, No 1, (2018).

Noer, Deliar. Antara Ide Agama dan Kebangsaan, dalam Seri Buku Tempo Bapak Bangsa, Hatta Jejak yang Melampaui Zaman (Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2010).

Suleman, Zulfikri. “Hatta, Islam, dan Negaraâ€, Prosiding Seminar Serumpun Indonesia-Malaysia tentang Islam dan Negara, Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang, 2010.

Utomo, Ilham Nur dan Dwi Wijayanti. “Pemikiran Mohammad Hatta tentang Pendidikan Islam Modernâ€, Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, Vol. 31, No 2, 2020. https://doi.org/10.33367/tribakti.v31i2.1160

Utomo, Ilham Nur. “Pendidikan dalam Pemikiran Mohammad Hattaâ€, Jurnal Prodi Ilmu Sejarah, Vol. 3, No. 1, 2018. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ilmu-sejarah/article/view/12061/0

Wan Daud, Wan Mohd Nor. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas (Bandung: Mizan, 2003).

Yusuf, Nasruddin, Faradila Hasan, Fitria Ayu Lestari Niu, “Pemikiran Muhammad Hatta tentang Ekonomi Syariah di Indonesiaâ€, Jurnal Potret Pemikiran Vol. 23, No. 1 (2019). DOI: http://dx.doi.org/10.30984/pp.v23i1.973

Published
2023-01-20
Section
Articles