PENGGUNAAN METODE SMART GAME & PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYEBUTKAN NAMA DAN TUGAS MALAIKAT ALLAH

  • Samsul H Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Magetan
Keywords: Metode smart game, kooperatif, tipe make a match, siswa.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah. Penelitian ini merupakan PTK dengan 3 siklus dengan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Randusongo 2 Kec. Gerih Kab. Ngawi. Subyek penelitian ini sebanyak 18 siswa. Indikator keberhasilan 85% dengan KKM sebesar 65. Teknik pengumpulan data dengan observasi, teknik analisis data dengan rumus untuk mengetahui nilai rata-rata dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesntase ketuntasan pada Pra Tindakan 11,1% atau 2 siswa, pada siklus I sebesar 50% atau 9, siklus II sebesar 50% atau 9 siswa dan pada siklus III sebesar 94,5% atau 17 siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I ke siklus II tidak mengalami peningkatan, sedangkan peningkatan prestasi pada siklus II ke siklus III sebesar 44,5%. Untuk nilai rata-rata pra tindakan sebesar 39,28, siklus I 71, siklus II 74,28 dan untuk siklus III sebesar 89,56. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode smart game dan pembelajaran kooperatif telah berhasil.

References

Daftar Pustaka

Ibrahim, Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press,

2000.

Isjoni, Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta, 2009.

Lie, Anita, Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Grasindo, 2002.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan,Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2008.

Slavin, Robert E, Cooperative Learning; Teori, Riset Dan Praktik.

terjemahan Lita, Bandung: Nusa Media, 2005.
Published
2015-12-02
Section
Articles