Sosiologi Sebagai Pendekatan Studi Pendidikan

  • Moh ali sodik STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan upaya yang terstruktur dalam pengembangan peradaban manusia di bumi ini. Dengan pendidikan maka kehidupan manusia lebih teratur, karena bersinggungan dengan banyak karakter dan jenis manusia. Untuk menuju pendidikan yang berkualiats, maka dibutuhkan berbagai pendekatan yang digunakan oleh pendidik dalam proses transfer of knowledge and values kepada peserta didik. Dalam konteks Indonesia yang memiliki dinamika masyarakat yang multikultural sangat dibutuhkan upaya memahami konteks pendidikan yang dijalankan terlebih peserta didiknya. Di sinilah maka dibutuhkan perangkat dan ilmu dalam bidang sosial sehingga perbedaan masing-masing manusia dapat terwadahi secara baik, sehingga tujuan pendidikan terwujud secara komprehensif. Sosiologi yang menjadi cabang ilmu yang mendiskusikan tentang interaksi antar manusia menemui konteksnya dalam berbagai studi pendidikan termasuk di dalamnya pendidikan Islam. 

Kata Kunci: Sosiologi, Pendekatan, Studi Pendidikan

 

DAFTAR KEPUSTAKAAN

Abdullah, M. Amin, Studi Agama Normativitas atau Historisitas, Yogyakarta;1996

Abdullah, Taufik dan M Rusli Karim, (ed.), Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar, Yogyakarta; Tiara Wacana Yogyakarta, 1990

Abdullah, Taufik, (ed.), Sejarah dan Masyarakat, Jakarta; Pustaka Firdaus, 1987

Amin, Ahmad, Dhuha al-Islam, Mesir: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, tt

Babbie, Earl, The Practice of Social Research, California: Wadasworth Publishing Co., 1986

Dadang, Kahmad, Sosiologi Agama,(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000

Fathoni, Achmad, Pengantar Sosiologi Pendidikan

Hakim, Atang Abdul, dan Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam, (Bandung: Rosda).

Maliki, Zainuddin, Sosiologi Pendidikan

Nata, Abudin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998

Praja, Juhaya S., Filsafat dan Metodologi Ilmu dalam Islam dan Penerapannya di Indonesia, Jakarta: Teraju, 2002

Roland Meighan dan Clive Harber, A Sociology of Educating, United States: Holt, Renehart and Winston Ltd., ed. 5, 2007.

Sayyed Husen Nasr, Menjelajah Dunia Modern, (terj.) Hasti Tarekat, dari judul asli A Young Muslim’s Guide in The Modern World, Bandung: Mizan, 1995

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar

Sumardi, Mulyanto, (ed.), Penelitian Agama, Jakarta: Sinar Harapan, 1982

Yuniarsih, Tjutju, dan Suwatno, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: CV Alvabeta, 2008

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara bekerjasama dengan Dirjend Binbaga Islam Depag, 1984).

 

Published
2020-06-23