VARIAN KAJIAN KEAGAMAAN DI PTAI

  • dalhari dalhari STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan Islam menjadi sebuah disiplin ilmu adalah realitas yang tak mungkin dibendung sebagai keharusan dan kekuatan sejarah (historical force). Bahkan umat Islam sudah merealisasikannya dalam bentuk pencarian dan pendalaman ilmu-ilmu keislaman yang melahirkan beragam khasanah  keilmuan. Berbagai pihak sejak lama menyimpan hasrat besar untuk memahami eksistensi, gejolak, kecenderungan dan arah agama besar yang sejak lama telah menunjukkan kekuatan historisnya ini. Di dunia Barat, lewat kajian-kajian serius yang jujur maupun tendensius para Islamolog, orientalis dan belakangan Islamisis, telah berujung pada pendirian Departement of Islamic Studies atau Religious Studies di berbagai universitas di Barat. Di Indonesia kegiatan-kegiatan studi keislaman dapat dengan mudah dijumpai. Kesadaran masyarakat juga tumbuh sumbur, terbukti dengan banyaknya forum-forum dialog, majlis ta'lim dsb. Namun demikian, realitas kehidupan yang ada sangat berbeda dengan semangat dan harapan sebagaimana dalam forum dialog. Masih terlihat banyaknya kecurigaan, perselisihan bahkan beragam tindakan destruktif yang dipicu oleh pluralitas pemahaman keagamaan. Ini menunjukkan bahwa pemahaman agama belum "on the track" sebagaimana misi yang diemban agama itu sendiri. Sebuah anomali yang hingga kini terus diperbincangkan.  Bagi kalangan akademik, kenyataan tersebut merupakan tugas dan tantangan yang harus dijawab. Di samping itu, hal ini merupakan persoalan yang sangat mendesak bagi perguruan tinggi, utamanya PTAI sebagai pencetak produk keilmuan yang menjadi muara solusi kongkrit bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat luas. Dengan demikian menjadi penting untuk selalu mengolah dan menata kembali ruang lingkup (materi), metodologi, dan strategi pembelajaran yang efektif dalam kajian studi Islam, sehingga pada akhirnya Islam benar-benar menjadi "rahmatan lil'âlamîn".

 

DAFTAR RUJUKAN

 Abdullah, M. Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratif-interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

_____________, Beberapa Pendekatan Dalam Kajian Atas Islam, dalam Abdullan, Amin dkk. Mencari Islam; Studi Islam dengan Berbagai Pendekatan. Yogyakarta: Tiara Wacana 2000.

_____________. Studi Islam Normativitas atau Historisitas?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2002, cet. ke-3.

Arkoun, Mohamed. Membongkar Wacana Hegemonik dalam Islam dan Post Modernisme. Surabaya: Al-Fikr. 1999.

Muslih, Muhammad. Islamic Studies; Problem Hubungan Islam dan Barat. Yogyakarta: Belukar. 2003.

Muzhar, H. M. Atho’. Pendekatan Studi Islam dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1998.

Nasution, Harun. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI Press. 1985.

Rahman, Fazlur. Islam and Modernity; Transformation of Intellectual Tradition. Chicago: The University of Chicago Press. 1982

Said, Edward. Orientalisme. terj. Asep Hikmat. Bandung: Pustaka. 2001. Cet. Ke-4.

Thahir, Lukman S. Studi Islam Multidisipliner; Aplikasi Pendekatan Filsafat, Sosiologi, dan Sejarah. Yogyakarta: Qirtas. 2003.

Published
2020-06-23