UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA VISUAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V MI DARUL ULUM KALIBATUR

  • Moh ali sodik STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

ABSTRAK

 

Tugas seorang pendidik untuk mencari jalan keluar, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dan siswa dapat ditingkatkan minatnya dalam mempelajari matematika. Salah satunya menggunakan media pembelajaran. Peneliti melihat bagaimana pelaksanaan pembelajaran sebelum menggunakan media visual dan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Darul Ulum Kalibatur Kalidawir Tulungagung setelah menggunakan Media visual. Adapaun hasilnya adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan media buku paket dan LKS Ulul Albab saja. Belajar setelah menggunakan media visual dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari data pada hasil nilai yang diperoleh dari siswa, yaitu nilai pretes yang rata-ratanya 58,6, dan siswa yang berhasil masuk dalam standar KKM hanya 40,9%. Dapat meningkat pada tes akhir pada siklus I, di mana nilai rata-ratanya 65,9 , dan siswa yang berhasil sesuai standar kelulusan adalah 72,7%, dan meningkat lagi pada tes akhir pada siklus II nilai rata-ratanya menjadi 75, dan siswa yang berhasil sesuai dengan standar kelulusan adalah 77,3%. Dan pada siklus III nilai rata-rata 82,7, dan siswa yang berhasil sesuai standar kelulusan 100%. Dari data yang diperoleh siswa mengalami peningkatan hasil belajar, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Darul Ulum Kalibatur.

 Kata Kunci      : Hasil Belajar dan Media Visual

Published
2016-10-31