UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA

  • Amarodin ama Amarodin Sekolah Tinggi Agama Islam Diponegoro Tulungagung, Indonesia
  • Laili Syahrul Nada

Abstract

ABSTRAK

 Untuk mencapai kondisi belajar yang optimal itu, maka guru memerlukan keterampilan khusus untuk mengelola kelas yaitu keterampilan untuk menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang optimal, apabila terdapat gangguan dalam proses belajar mengajar, tugas guru merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan serta melakukan penelitian dan pengapdian kepada masyarakat. Hasil penelitiannya, guru sebagai  pendidik, dalam hal ini upaya yang dilakukan oleh guru MTs Darussalam Ngentrong Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung adalah dengan menggunakan berbagai bentuk media pembelajaran, yaitu media audio, media visual dan media audio visual, menggunakan metode beragam, dan memberikan motivasi kepada siswa. Guru sebagai  pembimbing, pengawasan yang dilakukan oleh para guru di MTs Darussalam Ngentrong Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung adalah dengan cara dua bentuk, yaitu dengan  melakukan  pengarahan dan monitoring tingkah laku siswa, dan bagi para siswa yang membandel serta melanggar peraturan sekolah, diberikan bimbingan dengan hukuman. Guru sebagai penilai, penilaian yang dilakukan guru di MTs Darussalam  Ngentrong  adalah  menggunakan  penerapan berbagai cara dan  penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian peserta didik. Hasil penilaian berupa nilai kualitatif dan nilai kuantitatif.

 Kata Kunci      : Guru dan Kesulitan Belajar

 

Published
2017-04-30