UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA
Abstract
ABSTRAK
Untuk mencapai kondisi belajar yang optimal itu, maka guru memerlukan keterampilan khusus untuk mengelola kelas yaitu keterampilan untuk menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang optimal, apabila terdapat gangguan dalam proses belajar mengajar, tugas guru merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan serta melakukan penelitian dan pengapdian kepada masyarakat. Hasil penelitiannya, guru sebagai pendidik, dalam hal ini upaya yang dilakukan oleh guru MTs Darussalam Ngentrong Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung adalah dengan menggunakan berbagai bentuk media pembelajaran, yaitu media audio, media visual dan media audio visual, menggunakan metode beragam, dan memberikan motivasi kepada siswa. Guru sebagai pembimbing, pengawasan yang dilakukan oleh para guru di MTs Darussalam Ngentrong Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung adalah dengan cara dua bentuk, yaitu dengan melakukan pengarahan dan monitoring tingkah laku siswa, dan bagi para siswa yang membandel serta melanggar peraturan sekolah, diberikan bimbingan dengan hukuman. Guru sebagai penilai, penilaian yang dilakukan guru di MTs Darussalam Ngentrong adalah menggunakan penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian peserta didik. Hasil penilaian berupa nilai kualitatif dan nilai kuantitatif.
Kata Kunci : Guru dan Kesulitan Belajar