MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Moh ali sodik STAI Diponegoro Tulungagung
  • M Alfi Zuchaili

Abstract

ABSTRAK

 Proses belajar mengajar merupakan suatu  proses yang mengandung serangkaian guru dan siswa atas dasar hubungan timbal–balik yang berlangsung dalam situasi belajar untuk mencapai tujuan tertentu. Belajar merupakan aktifitas yang melibatkan dua unsur penting dari siswa, yaitu unsur pesikis dan unsur psikologis, sehingga kegiatan belajar mengajar haruslah diatur sedemikian rupa agar kegiatan belajar siswa berjalan dengan sangat baik dan juga bisa mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam dunia pendidikan, saat ini berkembang berbagai model pembelajaran. Secara harfiah model pembelajaran merupakan setrategi yang di gunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar, sikap belajar dikalangan siswa, mampu berfikir kritis, memiliki ketrampilan sosial, dan pencapaian hasil pembelajaran yang optimal. Langkah–langkah pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw antara lain : (1) Kegiatan pembukaan (2) Kegiatan inti (3) Kegiatan penutup meliputi : siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dibahas. Dari hasil tes siswa dapat diketahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan metode kooperatif model jigsaw dalam proses pembelajaran. Dampak pembelajaran dengan mengunakan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw ini sangat baik, baik dalam prestasi belajar, dalam pengaplikasiaanya dan juga dalam meningkatkan semangat belajar siswa,

 Kata Kunci      : “Jigsaw dan Hasil Belajar.â€

 

Published
2017-04-30