MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU

  • Sistupani MPdI

Abstract

 

Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,merupakan karya ilmiah jurnal yang ditulis oleh sistupani selaku dosen tetap STAI Diponegoro Tulungagung.

            Manajemen pendidikan adalah suatu proses atau sistem pengelolaan Manajemen pendidikan sebagai suatu proses atau sistem organisasi dan peningkatan kemanusiaan dalam kaitannya dengan suatu sistem pendidikan. Kegiatan pengelolaan pada suatu sistem pendidikan bertujuan untuk terlaksanaan proses belajar mengajar yang baik

Lembaga Sekolah merupakan kelanjutan pendidikan keluarga, namun lembaga sekolah diselenggarakan secara formal. Karena sekolah adalah tempat untuk memperoleh pendidikan seseorang secara teratur, sistematis, bertingkat dan dengan mengikuti sarat-sarat yang telah ditentukan. Sehingga sekolah menjadi lembaga yang masif untuk tempat berproses anak didik menjadi manusia yang berahlak mulia dan berilmu pengetahuan sesuai dengan cita-cita pendidikan nasional.

Mutu Pendidikan adalah agenda utama dan senantiasa menjadi tugas yang paling penting.Walaupun demikian, mutu bagi sebagaian orang dianggap sebagai sebuah konsep yang penuh dengan teka-teki, membingungkan, dan sulit untuk diukur.Mutu memiliki presepsi yang berbeda-beda, disesuaikan dengan pandangan masing-masing orang. Para pakar pendidikan pun memiliki pandangan yang berbeda tentang bagaimana cara menciptakan lembaga pendidikan yang bermutu dengan baik.

Jurnal yang ditulis oleh penulis ini akan mengulas mengenai Manajemen Sekolah merupakan proses pemanfaatan semua sumber daya yang dimiliki baik perangkat keras maupun lunak. Pemanfaatan tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan orang lain secara efektif, efisien, Perencanaan peningkatan mutu sekolah dilakukan dengan maksimal untuk dapat mewujudkan sekolah yang bermutu, Pengorganisasian dalam meningkatkan mutu sekolah yang baik akan menghasilkan mutu pendidikan yang memuaskan atau mengejar tujuan yang sebelumnya tidak bisa dicapai oleh lembaga pendidikan, dan Proses Pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan sekolah akan dapat tercapai secara lebih efisien, serta adanya pengawasan dan pengendalian mutu  sekolah yang dapat dilakukan dan dapat diukur atau dinilai dengan membandingkan standar dengan kegiatan yang dilakukan. Sistem dan teknik-teknik pengendalian dapat dikembangkan dari perencanaan yang telah diibuat.

Published
2021-09-15