PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

  • KOMARODIN komarelkhat STAI DIPONEGORO TULUNGAGUNG

Abstract

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti merupakan pondasi dasar untuk anak sekolah dasar. Pendasaran ini menjadi penting karena untuk membentuk karakter dan kepribadian bangsa. Oleh karenanya keberhasilan pendidikan ini sangat di tekankan oleh pemerintah guna membekali calon pemimpin bangsa agar negeri ini lebih bermartabat. Akan tetapi sebagian besar siswa dalam menguasai mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti ini masih tergolong rendah karena banyak nilai siswa yang dibawah KKM. Untuk itu guru perlu meningkakan tingkat pembelajaran dimulai dengan rancangan pembelajaran yang baik. Karena masih banyak ditemui proses pembelajaran yang tidak efisien dan kurang mempunyai daya tarik. Bahkan cenderung membosankan sehingga hasil belajar yang dicapai kurang optimal. Oleh karena itu pembelajaran PABP harus dibuat lebih menarik dan menyenangkan, jadi guru harus bisa memilih metode yang tepat karena metode belajar merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kata Kunci : Pengaruh metode mnemonik, hasil belajar Pendidikan Agama dan budi pekerti

Published
2021-09-15