Kompetensi Pengawas PAI dan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Ponorogo

  • Muhamad Asvin Abdur Rohman

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat pengaruh baik secara simultan maupun secara parsial variabel-variabel bebas (kompetensi Pengawas PAI dan efektivitas kepemimpinan kepala madrasah) terhadap variabel terikat (profesionalisme guru) MTs di Kabupaten Ponorogo, dengan analisis Fenomenologi. Data yang memberikan gambaran kompetensi Pengawas PAI yaitu mayoritas responden menyatakan bahwa kompetensi Pengawas PAI di Kabupaten Ponorogo dinilai kompeten (angkanya 50%), sedangkan responden yang menyatakan efektivitas kepemimpinan kepala madrasah di MTs Kabupaten Ponorogo tidak efektif dan efektif (angkanya diatas 50 % ), tetapi tidak sedikit yang menyatakan bahwa efektivitas kepemimpinan kepala madrasah sangat tidak efektif, sedangkan untuk profesionalisme guru yaitu responden yang menyatakan profesionalisme guru sangat tidak baik sebanyak 13 responden, yang menyatakan tidak baik sebanyak 10 responden, yang menyatakan kurang baik 8 reponden, yang menyatakan baik 7 responden, dan yang menyatakan sangat baik sebanyak 6 responden. Data tersebut memberikan gambaran bahwa profesionalisme guru di MTs Kabupaten Ponorogo dinilai masih kurang profesional.
Published
2018-09-21