Kinerja Guru PAI Pasca Sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah ‎Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang

  • Eko Hadi Wardoyo Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang

Abstract

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang setelah memperoleh tunjangan profesional melalui program sertifikasi guru.

Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Populasinya adalah guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang yang telah mengikuti program sertifikasi dan menerima tunjangan profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan telaah dokumentai, sedang analisis datanya dilakukan secara kualitatif grounded.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru pasca sertifikasi di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang, baik secara keseluruhan, maupun dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengembangan profesi semuanya menunjukkan kinerja yang sudah sesuai standart. Rekomendasi yang diajukan adalah hendaknya pelaksanaan program sertifikasi lebih ditujukan pada peningkatan kesadaran guru akan pentingnya peningkatan kinerja mereka dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang.

Kata Kunci: Kinerja Guru PAI; Sertifikasi

References

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosyad Karya, 2008)‎
Ali Mudlofir, Peningkatan Guru Agama Islam, (Jakarta: Ditjend Pendis Kemenag RI, 2011 cet.Ke-1)‎
Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), (Jakarta: Bumi Aksara, Cet Ke-3, 1995)‎
Asrorun Ni’am Sholeh, Membangun Profesi Analisis Guru Analisis KronologisAtas Lahirnya UU Guru ‎Dan Dosen, (Jakarta: Elsas, 2006) ‎
Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2008)‎
Buchari Alma, Guru profesional, (Bandung: CV. Alfabeta, 2009)‎
Daradzat, Zakiyah. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah, (Bandung: Rosda karya, 1993)‎
John M Echols dan Hasan Sadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta,PT. Gramedia, ,Cet.ke -23, 1996)‎
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).‎
Martinis Yamin, Profesionalisasi guru Dan Implementasi KTSP, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009)‎
Martinis Yamin, Sertifikasi Profesi Keguruan Di Indonesia. (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009)‎
Masnur Muslikh, Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007)‎
Mulyasa, Standart Kompetensi Dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005)‎
Nanang Hanafiah & Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT. Refika Aditama, ‎‎2009)‎
Oemar Hamalik, MetodeBelajar Dan Kesulitan-KesulitanBelajar (Bandung: Tarsito, 1990)‎
Ondi Soandi dan Aris Suherman, Etika Profesi Keguruan, (Bandung: PT. Retika Aditama, 2010)‎
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru, (Jakarta: PT. Raja Grafindo ‎Persada, 2010)‎
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (Bandung: PT. Alfabeta, 2009)‎
Tabrani Rusyan, A. dan M.Sutisna WD, Kesejahteraan Dan Motifasi Dalam Meningkatkan Efektifitas ‎Kinerja Guru. (Jakarta: Intimedia Cipta Nusantara, t.t.)‎
Uzer Usman, Moh., Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2010)‎
UU RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
UUD 1945‎
Yunus Namsa, M., Kiprah Baru Profesi Guru Indonesia Wawasan Metodologi Pengajaran Agama Islam,‎
Published
2017-10-13