Adaptasi Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Era Modernisasi

Jurusan Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Tahdzib Jombang

  • Robi’ul Afif Nurul Aini Jurusan Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Tahdzib Jombang

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki keunggulan baik dari aspek tradisi keilmuannya maupun sisi transmisi dan intensitas umat Islam. Derasnya arus globalisasi telah mengancam eksistensi, pesantren sehingga muncul gagasan modernisasi dilingkungan pesantren demi menjawab tantangan kebutuhan transformasi sosial. Akan tetapi banyak kalangan mengkhawatirkan tentang gagasan modernisasi pesantren yang berorientasi kekinian dapat mempengaruhi idenitas dan fungsi pokok pesantren.Adaptasi Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Era Modernisasi pesantren yang masih perkembang yang dalam hal ini podok pesantren menerapkan metode atau sistem pendidikan yang baru agar sesuai dengan mata pelajaran dan menyesuaikan metode dengan kemampuan peserta didik, walaupun pesantren mengambil metode atau sistem pembelajaran yang baru, pondok pesantren tidak mudah dengan membuang budaya atau sitem metode pembelajaran yang lama seperti wetonan, bandongan dan lain sebagainya, pondok pesantren tetap mengambil metode yang lama yang masih digunakan dan baik untuk peserta didik, dan mengambil sistem atau metode yang baru yang baik yang juga sesuai dengan keadaan peserta didik dan sesuai dengan tempat, kondisi, sarana, dan fasilitas yang ada dipondok pesantren. Dari sinilah pondok pesantren dapat merelevansikan atau dapat menyesuaikan dengan kondisi dipesanteren. Sistem Pendidikan pondok pesantren menggunakan sistem konvensional dan madrasah di Pondok Pesantern Jawa pada umumnya, seluruh materi pembelajaran atau pengajaran menggunakan kitab kuning atau klasik (al-kutub al-qadimah) ala ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah dan juga didalamnya terdapat metode atau sistem baru yang disesuaikan dengan kondisi dan peserta didik dengan cara menyesuaikanya. Dan dapat disimpulkan bahwasanya di dalam pesantren pondok pesanteren ada beberapa gabungan sistem metode tradisional yang masih dipergunakan dan juga memakai sistem pembelajaran baru seperti metode tanya jawab dengan pengajaran pendidik menggunakan Viwer. Dampak era modernisasi terhadap pendidikan pondok pesantren adalah Seperti halnya yang sudah peneliti paparkan diatas bahwasanya semua hal yang baik atau buruknya ada dampak positf dan negatifnya seperti sistem yang digunakan dalam pondok pesantren diatas, dapat dikatakan bahwa pondok pesantren telah menyesuaikan sitem metode pengajaranya sesuai dengan kemampuan peserta didik, dan semua kondisi fisik atau non fisik dipondok pesantren tersebut.
Published
2017-03-28
How to Cite
Nurul Aini, R. (2017, March 28). Adaptasi Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Era Modernisasi. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 5(1), 128-158. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/2901
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.