Macam-Macam Bentuk Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidikan Luqman Al-Hakim

  • Yazidul Busthomi Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Abstract

Kecerdasan adalah nilai lebih dari setiap manusia dalam mengembangkan pola pikirnya sehingga mampu berkembang dan berpikir dengan jernih untuk menimbang, memutuskan serta menghadapi sesuatu dengan berpusat pada masalah-masalah yang dihadapi dengan solusi cemerlang. Seseorang yang cerdas, pembicaraan yang ia sampaikan akan terstruktur dan memiliki nilai. Saat dia berbicara, maka yang keluar adalah ide, gagasan, solusi, hikmah, ilmu dan dzikir, sehingga pembicaraannya senantiasa bermanfaat. Kecerdasan merupakan salah satu anugerah besar dari Allah kepada manusia dan menjadikannya sebagai salah satu kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Karena dengan kecerdasannya, manusia dapat terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya yang semakin kompleks, melalui proses berpikir dan belajar secara terus menerus. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah, menuju manusia yang seutuhnya, dan memiliki pola pemikiran tauhidi, serta berprinsip "hanya karena Allah". Macam-macam bentuk kecerdasan spiritual dalam konsep pendidikan Luqman al-Hakim yaitu sebagai berikut: 1. Larangan berbuat syirik 2. Kepercayaan kepada pembalasan Allah 3. Perintah shalat 4. Amar ma'ruf dan nahi munkar 5.  Perintah untuk sabar 6. Larangan bersifat sombong 7. Sederhanalah dalam bersuara dan merendahkan suara.

References

Al-Qur’an al-Karim.

Agustian, Ary Ginanjar (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

An Nahlawi, Abdurrahman (2015). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.

Azzet, Akhmad Muhaimin (2011). Menjadi Guru Favorit. Cetakan I. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ismail (2009). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM.Cetakan IV. Semarang: Rasail Media Group.

Ma’arif, Syamsul (2007). Revitalisasi Pendidikan Islam. Jogjakata: Graha Ilmu.

Mubarok, Achmad (2011). Psikologi Qurani. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Mujib Abdul, Yusuf Mudzakir (2002).Nuansa-nuansa Psikologi Iislami. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nawawi, Muhammad (2000). Maroqil Ubudiyah, diterjemahkan oleh Zaid Husein, Terjemah Maroqil Ubudiyah. Cetakan I. Surabaya: Mutiara Ilmu.

Ramayulis (2008) Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan VII. Jakarta: Kalam Mulia.

Safari, Triantoro (2007). Spiritual Intelegence. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suharsono (2015). Melejitkan IQ, IE, dan IS. Depok: Inisiasi Press.

Sulistami Ratna, Erlinda Manaf Mahdi (2006). Universal Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Syah, Muhibbin (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cetakan XIIII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad(2014).Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Cetakan XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umar, Bukhari (2010).Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Zohar Danah, Ian Marshall (2007).SQ. Bandung: Mizan Pustaka.

Zuhairini (1995). Filsafat Pendidikan Islam. Cetakan II. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2018-06-02
How to Cite
Busthomi, Y. (2018). Macam-Macam Bentuk Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidikan Luqman Al-Hakim. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 6(1), 79-105. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/3350
Section
Articles