Strategi Pemasaran Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang

  • Moh. Ifan Fahmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  strategi pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang, serta faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung terlaksananya Strategi Pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Objek penelitiannya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan strategi pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang. Sumber data kami dapat dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas, guru bidang studi, humas, staff dan murid. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data kami menggunakan teknik trianggulasi.

Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa (1) Strategi pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang, tidak lepas dari 7 komponen penting yang saling mendukung yaitu: Segmentasi pasar, Harga, kualitas, Lokasi Madrasah, promosi, distribusi dan sarana prasarana Madrasah yang memadai (2) Strategi pelaksanaan pemasaran MTSN 17 Jombang (3) Strategi penilaian pemasaran (4) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Bly. Robert W. 2003. Fool-Proof Marketing. Jakarta. Erlangga.
Hasbulloh. 2001. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kualitas
Ihsan, Hamdani. 2001. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung. CV Pustaka Setia
Kotler Philip.2003. Marketing Insights From A to Z. Jakarta. Erlangga.
Kusmintarjo. 2007. Pendidikan Dan Pelatihan Manajemen Layanan Khusus Sekolah. Jakarta . Direktorat Tenaga Kependidikan.
McDonal Malcolm H.B. Keegan Wareen J. 1999. Marketing Plans That Work. Jakarta. Erlangga.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Peter J. Paul. Olson Jerry C. 2000. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta. Erlangga.
Purnama, Lingga, MM. 2004. Strategi Marketing Plan. Jakarta. PT. gramedia Pustaka Umum.
Rahman, Fadli dkk.2004. Al-quran Terjemah. Jakarta. CV Penerbit Jumanatul Ali-ART.
Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya. SIC.
Smith P.R. 2001. Great Answer to Tough Marketing Questions. Jakarta. Erlangga
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sutojo, Siswanto.2001. Menyusun Strategi Harga. Jakarta.PT Damar Mulia Pustaka.
Yusuf, Yunan. 2007. Standar Sarana dan Prasarana. Jakarta.Erlangga.
Published
2021-06-22
How to Cite
Fahmi, M. I. (2021). Strategi Pemasaran Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jombang. Jurnal Ats-Tsaqofi, 3(1), 115-127. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tsaqofi/article/view/4203
Section
Articles