Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Lembaga Pendidikan Islam

Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Lembaga Pendidikan Islam

  • Robi'ul Afif Nurul 'Aini Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib
Keywords: Segmentasi, Targeting, Positioning, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Strategi pemasaran yang tepat akan memberikan arah yang jelas bagi perencanaan produk dan pemasaran produk pada umumnya. Dalam situasi di mana konsumen menghadapi banyak pilihan, maka kesuksesan pemasaran produk akan banyak ditentukan oleh kesesuaian produk dengan kebutuhan konsumen pada segmen tertentu. Dengan strategi pemasaran yang tepat, maka akan dapat menciptakan kesesuaian produk dengan kebutuhan konsumen pada segmen yang dituju.

Penelitian ini membahas tentang Segmentasi, Targeting, Positioning, Lembaga Pendidikan Islam dengan tujuan untuk mengetahui pendidikannya dalam bidang akademik dengan pengembangan brand “Madrasah para Juara†Segmentasi pasar merupakan hal pertama yang harus dilakukan oleh madrasah untuk mencapai hasil pemasaran yang optimal, kemudian dilanjutkan dengan positioning. Posisi  atau gambar yang dibentuk oleh madrasah memiliki peran dominan dalam mempengaruhi sikap publik terhadap madrasah.

References

Alma, Buchari. Manajemen Corporate & Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.

Angga Sandy Susanto, Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup), Jurnal JIBEKA.Vol. 7, No. 2, Agustus 2013.

Criestiana Hariyanto, Segmentasi Dan Positioning Perguruan Tinggi Swasta Di Surabaya, Jurnal Wima, Volume 4, Nomor 2, Juni 2018.

Danang Sunyoto, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS, 2012.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran, terj. Wilhelmus W. Bakowatun, Jakarta: Intermedia, 1992.

Malau, Harman Manajemen Pamasaran:Teori dan Aplikas Pemasaran Era Tradisonal Samapi Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta. 2018.

McCarthy. E.Jeromy. Pemasaran Dasar. Pendekatan Manajerial Global, Jakarta:Salemba Empat, 2008.

M, Fuad dkk, Pengantar Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Nijman, R.S.H.J. S.E Van Der Wolk, Strategi Pemasaran Modern, Jakarta: Erlangga, 1997.

Pupuh, Faturrohman dan Sutikno M. Sobry, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam, Bandung: PT Refika Aditama, 2014.


Rangkuti, Freddy Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis; Reorientasi, Konsep dan Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997.

Silalahi, Gabriel Amin. Metodologi Penelitian Studi Kasus. Sidoarjo: Citramedia. 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.

Sudaryono, Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi, Yogyakarta:, CV. Andi Offset, 2016.

Swastha, Basu. Azaz-Azaz Marketing, Yogyakarta: Liberti Yogyakarta, 2014.

Tjiptono dan Chandra. Market Segmentation Market Targeting Market Positioning. Jakarta: Penerbit Erlangga 2012.

Tjiptono, Fandi. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2015

Wijaya, David. Pemasaan Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat, 2012.
Published
2020-06-25
How to Cite
Nurul ’Aini, R. A. (2020). Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Lembaga Pendidikan Islam: Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ats-Tsaqofi, 2(1), 23-42. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tsaqofi/article/view/4016
Section
Articles