PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH MODEL BOARDING SCHOOL KABUPATEN LAMONGAN

  • Muhammad Sya’roni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Fattah Lamongan
  • Nur Zaini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Fattah Lamongan
  • Zaini Miftah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Fattah Lamongan
Keywords: Muatan Kurikulum, Proses Pengembangan Kurikulum

Abstract

Kurikulum merupakan cetak biru lulusan suatu satuan pendidikan, corak lulusan tergantung bagaimana kurikulum tersebut dikembangkan, termasuk didalamnya adalah kurikulum PAI. Pembelajaran PAI merupkan pembelajaran yang sangat urgen dalam dunia pendidikan. Banyak harapan dan tumpuan pada PAI di sekolah untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa serta berkahlaq mulia, namun nyatakanya pembelajarn PAI di sekolah cukup mendapat banyak sorotan dari para kalangan. Artikel ini mencoba memberikan gambaran tentang kurikulum PAI yang ada di Sekolah Model Boarding School di kabupaten Lamongan yang telah berhasil mengembnagkan kurikulum PAI dengan baik, mulai dari konten kurikulum PAI, proses pengembangan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengembngan kurikulum PAI.  

References

Abdulah Idi, Pengembngan kurikulum Teori dan Praktek , Jakarta: PT Rajagrafindo, 2014

____________, Pengembngan kurikulum, Yogyakarta: Arruz, 2007

Abuddin Nata, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004

¬¬¬¬¬____________, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Islam di Indonesia,Jakarta: Kencana Prenada Media 2010

Ainur Rofiq Dawam, Ahmad Ta’arifin, Manajemen Madrasah Bebasis Pesantren, Listafariska, 2005

Amin Haedari dkk, Masa Depan Pesantren. Jakarta: IRD Press, 2004

Amin Haedari, Panorama Pesantren Dalam Cakrawala Moderen. Jakarta: Diva Pustaka, 2004

Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Jakarta: Rineka Cipta

Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Ri, 2014

Hasan, S. Hamid, Pengembangan Silabus Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2002

Hasbullah , Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo, 1996

John M. Echols, Hasan Shadili, An English-Indonesian Jakarta: Gramedia, 1996

Jon Wiles and Joseph Bondi, curiiculum Development a Guide to Practice, (Inew Jersey: Pearson Education, inc, 2002

M. Habib Chirzin, “Agama, Ilmu dan Pesantren†dalam M.Dawam Raharjo (ed), Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES),

Madjid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan mplementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Rosdakarya, 2005

Mastuhu, Dinamika Sistem pendidikan Pesantren; Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012

____________, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: Pustaka Pelajar, 2004

____________, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004

_____________, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012

Muhammad Kholid Fathoni, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional [paradigma Baru], Jakarta: Departemen Agama RI, 2005

Muhibbuddin, “Modernisasi Manajemen Pendidikan Pesantren†Mozaik Pesantren, Edisi 02/Th.I/November 2005

Nana Saodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000

Nana Sujana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, (Bandung: Sinar baru. 1989

Nana Syaodih, pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008

Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Untuk IAIN, STAIN, PTAIS, Bandung : Pustaka Setia, 1998

Oemar Hamalik, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008

Ramayulis, Ilmu Pendidikanm Islam, jakarta: Kalam Mulia, 2006

Satono Kartodirejo, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Koentjoro Ningrat (ed) (Jakarta: Grafindo, 1986

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008

Sutrisno Hadi, Metode Research II, Yogyakarta: Andi Offset, 2000

Taufiq, Sholla dkk, Madrasah Lebih Baik Madrasah The Best Choive, Jakarta:

Tayar yusuf dalam Abdul Madjid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan mplementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Rosdakarya, 2005

Tedjo Narsoyo Reksoatmodjo, Pengembangan Kurikulum Pendidikan

Tim Penyususn, Profil SMA Unggulan BPPT Al Fattah (Siman: YPPF, 2007)

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Cet. VII; Jakarta: Balai Pustaka, 1984

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008

Zakiah Daradjat, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta; gunung Agung, 1989

Undang-Undang NO 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 11

Lampiran 1, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi

Lampiran 2, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi

Lampiran 3, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi

Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006), hlm.07-09

Dokumen SMP Simanjaya TP 2016/2017

Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006

Dokumen Kurikulum SMP SIMANJAYA Sekaran Lamongan TP. 2016/2017

Dokumen Kurikulum MTs Fathul Hidayah Maduran Lamongan TP. 2016/2017

Dokumen Kurikulum SMA Unggulan BPPT Al-Fattah Lamongan TP. 2016/2017

Dokumen Kurikulum MA Fathul Hidayah Lamongan TP. 2016/2017

Media Indonesia, 18 Jan. 2009

http://ditpdpontren.kemenag.go.id diakses pada tanggal 10 September 2016

http://oxforddictionaries.com/

http://kbbi.web.id/sekolah. Diakses pada tanggal 10 September 2016

Published
2017-02-07
How to Cite
Sya’roniM., Zaini, N., & Miftah, Z. (2017). PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH MODEL BOARDING SCHOOL KABUPATEN LAMONGAN. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 7(1). https://doi.org/10.36835/hjsk.v7i1.2621
Section
Articles