Membangun Karakter Siswa dan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual melalui The Hidden Curriculum di MI Wahid Hasyim Yogyakarta

  • Lailatul Maghfiroh "FAI Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan"

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu jenis penelitian yang didasarkan pada data yang diperoleh langsung dari tempat penelitian di lapangan dan bersifat deskriptif analitik. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi dan sosiologi. Masalah yang diangkat adalah bagaimana upaya sekolah membangun karakter siswa dan meningkatkan kecerdasan spiritual melalui hidden curriculum. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan pendidikan nilai karakter di sekolah dasar dapat membantu menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa dengan menonjolkan nilai religius dan kedisiplinan. Konsep dasar pendidikan karakter dilandaskan pada visi, misi dan tujuan sekolah yang diimplementasikan ke dalam kurikulum dan mata pelajaran, budaya
sekolah baik di lingkungan guru maupun siswa dan pengembangan diri melalui program pembiasaan dan pengembangan minat serta bakat siswa. Konsep pendidikan nilai karakter dijalankan melalui hidden  curriculum dengan memasukkan nilai-nilai karakter yang masuk ke dalam semua mata pelajaran. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan adalah nilai religius, nilai mandiri, nilai menghargai prestasi, nilai rasa ingin tahu, nilai rasa cinta tanah air dan nilai kreatif.

Published
2017-10-06
How to Cite
Maghfiroh, L. (2017). Membangun Karakter Siswa dan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual melalui The Hidden Curriculum di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 4(1), 201-218. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/darelilmi/article/view/3077
Section
Articles