MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERAN SERTA WARGA SEKOLAH DAN MASYARAKAT

  • Juni Iswanto

Abstract

Pelaksanaan reformasi pendidikan memerlukan kesiapan semua pihak untuk berubah demi meningkatkan kinerja sistem pendidikan nasional, salah satunya adalah manajemen peningkatan mutu berbasisi sekolah (MPMBS). Sebagai konsekuensi dari otonomi daerah, MPMBS diartikan sebagai manajemen yang memberikan otonomi lebih besar, memberikan fleksibilitas kepada sekolah dan mendorong partisipasi secara langsung dari warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu sekolah. MPMBS merupakan bagian dari manajemen berbasis sekolah (MBS) yang pada saatnya nanti akan menjadi MBS. Tujuan MPMBS adalah (1) membantu sekolah menjelaskan pengelolaan sekarang dan mendatang, (2) mendorong dan mendukung partisipasi masyarakat, (3) mendorong adanya decision making di tingkat sekolah. Keberhasilan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah ditentukan oleh adanya manajerial yang kokoh, sehingga kepala sekolah dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan. Guru juga harus berkreasi dalam meningkatkan manajemen kelas, mengingat guru adalah teladan dan panutan langsung para siswa di kelas. Sedangkan pemberdayaan masyarakat, dalam MPMBS, dimaksudkan untuk mengoptimalkan secara efektif dan efisien terhadap kinerja elemen sekolah, yaitu kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, murid, orang tua murid dan masyarakat.

References

Departemen Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur, 2005, Standar Nasional Pendidikan. Surabaya: Kemenag Jatim.

Dirjen Bimbaga Islam Departemen Agama RI. 2001, Kendali Mutu Pendidikan Islam. Jakarta: Departemen Agama.

Fattah, Nanang, 2000, Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: CV. Adira,

_______. 2003, Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Hasan, M. Thalhah. 2003, Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lanta Baru Press.

_______. 2003, Dikursus Islam Kontemporer. Jakarta: Lista Friska Putra.

Mulyasa, E. 2003, Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosda Karya.

Pidarta, Made. 1988, Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bima Aksara.

Poerwadarminta, WJS. 1984, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pranata, Hadrija. 2000, Wawasan Tugas Guru Pembina Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Friska Agung Lestari.

Purwanto, Agus Joko. 2001, Desentralisasi dan Otonomi Pendidikan. Jakarta:

Jurnal Tot KKM Depag.

Purwanto, Ngalim. 1997, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Rosda Karya.

Sudaewan, Danim. 2006, Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Alaska.

Tilaar, HAR. 2003, Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Rosda Karya.

Published
2015-06-30
Section
Articles