Ejournal IAII TABAH Lamongan https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/iai-tabah <p>Jurnal IAI TABAH</p> en-US hak cipta penulis sjahidulhaq@gmail.com (Sjahidul Haq Chotib) ahmadi.edy1@gmail.com (Mubarok Ahmadi) Sat, 16 May 2015 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERAN SERTA WARGA SEKOLAH DAN MASYARAKAT https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/iai-tabah/article/view/1280 <p>Pelaksanaan reformasi pendidikan memerlukan kesiapan semua pihak untuk berubah demi meningkatkan kinerja sistem pendidikan nasional, salah satunya adalah manajemen peningkatan mutu berbasisi sekolah (MPMBS). Sebagai konsekuensi dari otonomi daerah, MPMBS diartikan sebagai manajemen yang memberikan otonomi lebih besar, memberikan fleksibilitas kepada sekolah dan mendorong partisipasi secara langsung dari warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu sekolah. MPMBS merupakan bagian dari manajemen berbasis sekolah (MBS) yang pada saatnya nanti akan menjadi MBS. Tujuan MPMBS adalah (1) membantu sekolah menjelaskan pengelolaan sekarang dan mendatang, (2) mendorong dan mendukung partisipasi masyarakat, (3) mendorong adanya <em>decision making</em> di tingkat sekolah. Keberhasilan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah ditentukan oleh adanya manajerial yang kokoh, sehingga kepala sekolah dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan. Guru juga harus berkreasi dalam meningkatkan manajemen kelas, mengingat guru adalah teladan dan panutan langsung para siswa di kelas. Sedangkan pemberdayaan masyarakat, dalam MPMBS, dimaksudkan untuk mengoptimalkan secara efektif dan efisien terhadap kinerja elemen sekolah, yaitu kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, murid, orang tua murid dan masyarakat.</p> Juni Iswanto Copyright (c) 2016 Madinah: Jurnal Studi Islam https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/iai-tabah/article/view/1280 Tue, 30 Jun 2015 00:00:00 +0000 MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERAN SERTA WARGA SEKOLAH DAN MASYARAKAT https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/iai-tabah/article/view/1282 <p>Pelaksanaan reformasi pendidikan memerlukan kesiapan semua pihak untuk berubah demi meningkatkan kinerja sistem pendidikan nasional, salah satunya adalah manajemen peningkatan mutu berbasisi sekolah (MPMBS). Sebagai konsekuensi dari otonomi daerah, MPMBS diartikan sebagai manajemen yang memberikan otonomi lebih besar, memberikan fleksibilitas kepada sekolah dan mendorong partisipasi secara langsung dari warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu sekolah. MPMBS merupakan bagian dari manajemen berbasis sekolah (MBS) yang pada saatnya nanti akan menjadi MBS. Tujuan MPMBS adalah (1) membantu sekolah menjelaskan pengelolaan sekarang dan mendatang, (2) mendorong dan mendukung partisipasi masyarakat, (3) mendorong adanya <em>decision making</em> di tingkat sekolah. Keberhasilan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah ditentukan oleh adanya manajerial yang kokoh, sehingga kepala sekolah dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan. Guru juga harus berkreasi dalam meningkatkan manajemen kelas, mengingat guru adalah teladan dan panutan langsung para siswa di kelas. Sedangkan pemberdayaan masyarakat, dalam MPMBS, dimaksudkan untuk mengoptimalkan secara efektif dan efisien terhadap kinerja elemen sekolah, yaitu kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, murid, orang tua murid dan masyarakat.</p> Juni Iswanto Copyright (c) 2016 Madinah: Jurnal Studi Islam https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/iai-tabah/article/view/1282 Tue, 30 Jun 2015 00:00:00 +0000