Pendidikan Islam dan Multikultural

  • Ainul Khalim Institut Agama Islam Qomaruddin Bungah Gresik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui makna pendidikan Islam multicultural secara global sebagai tambahan khazanah keilmuan dan. Mengetahui konsep M Amin Abdullah tentang pendidikan Islam multikultural. Serta mengetahui relevansi pemikiran M. Amin Abdullah tentangpendidikan Islam Multikultural terhadap kondisi pendidikan masa kini.

Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik Content Analisis (Kajian Isi). Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Induktif. Metode analisis induktif digunakan untuk memperoleh gambaran yang utuh tentang Pendidikan Islam Multikultural dalam PerspektifProf. M. Amin Abdullah dari beberapa sumber buku yang ada.

Secara umum konsep pendidikan islam multicultural di dasarkan pada gagasan keadilan sosial dan persamaan hak dalam pendidikan. Menurut perspektif Prof. M. Amin Abdullah bahwa pendidikan Islam multicultural merupakan paradigma yang berprinsip bahwa manusia mempunyai hak hidup yang sama, masing-masing mempunyai cara untuk mempertahankan tradisi dan identitasnya sendiri dengan berbagai cara yang bisa dilakukan. Dan bertujuan membina manusia agar mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba allah dan khalifahnya

Published
2017-06-16
Section
Articles