PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL ANTARA SISWA PROGRAM KELAS HAFIDZ AL-QUR’AN DENGAN SISWA KELAS REGULER DI MTS. ASSA’ADAH

  • Nely Rohmatillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui apakah ada perbedaan penyesuaian sosial antara siswa program kelas hafidz al-qur’an dengan siswa kelas reguler.
Dengan pendekatan kuantitatif-komparatif, penelitian ini akan diperoleh signifikansi perbedaan antar variabel yang diteliti. Sebagai subyek penelitian adalah siswa-siswi MTS. Assa’adah sebanyak 100 subyek sebagai sampel penelitian. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakan analisis uji-t dua sampel berpasangan (paired-samples t-test). Hasil analisis paired samples T-test diperoleh t hitung = -52.090, df = 39 dengan signifikansi 0,000, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan penyesuaian sosial antara siswa program kelas hafidz al-qur’an dengan siswa kelas reguler diterima. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa ada perbedaan penyesuaian sosial antara siswa program kelas hafidz al-qur’an dengan siswa kelas reguler. Sedangkan bila dilihat dari nilai rata-rata (mean) penyesuaian sosial antara siswa program kelas hafidz al-qur’an dengan siswa kelas reguler, dapat disimpulkan bahwa penyesuaian sosial siswa kelas reguler lebih tinggi dibanding dengan penyesuaian sosial siswa program kelas hafidz al-qur’an.

 

Published
2018-02-14
Section
Articles