sumardi PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL LITERASI DI IAI QOMQRUDDIN GRESIK

  • sumardi sumardi institut agama islam qomaruddin gresik

Abstract

ABSTRAK
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan tentang kualitas karangan ilmiah mahasiswa, baik untuk memenuhi tugas-tugas perkuliahan maupun bagi penyelesaian akhir studinya. Untuk menjawab hal tersebut, dikembangkan suatu model yang sejalan dengan sasaran studi dan kemampuan komunikasi tertulis, yaitu model literasi.
Penelitipan ini hasil penelitian pengembangan terhadap model literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Model literasi ini diteliti efektivitasnya dengan menggunakan desain penilitian eksperimen-kuasi lewat prauji dan pascauji dengan kelompok kontrol. Analisis model pembelajaran difokuskan pada (1) Susunan bahan ajar; (2) Aktivitas pembelajar; (3) aktivitas pengajar; (4) kesesuaian alat evaluasi; dan (5) kemampuan mahasiswa dalam menulis karangan ilmiah, sedangkan analisis efektivitas penerapan model dilakukan dengan cara membandingkan rata-rata skor prauji dengan pascauji, baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Penilaian kemampuan menulis karangan ilmiah meliputi kemampuan (1) menggunakan bahasa Indonesia ragam keilmuan; (2) Menggunakan karakteristik karangan ilmiah; (3) menggunakan struktur pembangun karangan ilmiah; (4) orisinalitas dan penalaran; dan (5) profil komposisi.
Hasil penelitian ini ditemukan kenyataan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia ragam keilmuan secara tertulis masih rendah. Namun, model literasi yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan pembelajar. Kemampuan mahasiswa dalam menulis karangan ilmiah menjadi meningkat setelah mereka mengikuti pembelajaran yang disajikan dengan menggunakan model literasi, Dari penelitan tersebut, dapat disajikan beberapa rekomendasi, yaitu (1) perlu dilakukan revitalisasi pengajaran bahasa Indonesia diperguruan tinggi: (2) model literasi dapat dikembangkan sebagai model alternatif bagi pengembangan kemampuan menulis karangan ilmiah; (3) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan ilmiah secara komprehensif diperlukan pengukuran yang komprehensif pula, oleh karena itu, dari penelitan ini disodorkan model
pengukuran kemampuan menulis karangan ilmiah yang dapat dijadikan sebagai acuan memberikan penilaian terhadap karangan mahasiswa atau sebagai criteria penilaian suatu karangan Ilmiah.
Kata Kunci : Peningkatan ,Pembelajaran bahasa Indonesia, Model Literasi

Published
2018-02-19
Section
Articles