Fatih PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI

  • nur fatih Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Berdasarkan hasil tes formatif mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Blimbing III Paciran-Lamongan yang digunakan peneliti sebagai tempat uji coba produk rata-rata nilai baru mencapai 53,33 masih di bawah KKM, untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat peneliti berusaha untuk merancang dan mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan, salah satunya dengan menggunakan garis bilangan yang dapat dijalankan dengan memanfaatkan sebuah perangkat komputer. Penggunaan media pembelajaran matematika dengan memanfaatkan komputer diyakini dapat mengatasi kesulitan siswa untuk memahami konsep perhitungan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jadi, perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran matematika berbantuan komputer materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk siswa kelas IV SD/MI.

Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer ini mengikuti prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Alessi dan Trollip, yaitu (1) menentukan tujuan, (2) mengumpulkan bahan acuan, (3) mempelajari bahan acuan, (4) mengembangkan ide, (5) merancang pembelajaran, (6) menyusun flowchart, (7) membuat storyboard, (8) menyusun program, (9) menyusun materi pendukung, dan (10) melaksanakan evaluasi dan revisi. Paket ini diprogram menggunakan salah satu program yang dimiliki oleh adobe system yaitu Macromedia Flash CS 3. Pemograman ini menghasilkan 1 file ekskusi yang diberi nama “SETUP.exeâ€.

Evaluasi dan revisi media pembelajaran matematika berbantuan komputer ini melalui enam tahap, yaitu, (1) Validasi dan Tanggapan Ahli Pembelajaran Matematika, (2) Validasi dan Tanggapan Ahli Desain Media Pembelajaran, (3) Validasi dan Tanggapan Ahli Materi, (4) Validasi dan Tanggapan Ahli Bahasa, (5) Validasi dan Tanggapan Praktisi atau Guru (6) Validasi dan Tanggapan Uji Coba Produk yaitu siswa kelas IV SDN Blimbing III Lamongan sebanyak 22 siswa dengan membagi menjadi 3 tahapan uji coba yaitu (a) Uji Coba Perorangan, (b) Uji Coba Kelompok Kecil, dan (c) Uji Coba Kelompok Besar. Berdasarkan analisis data validasi dan tanggapan ahli-ahli disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan komputer ini telah memiliki kualitas sangat layak untuk digunakan oleh siswa. Berdasarkan hasil uji coba produk disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan komputer ini sudah valid, praktis, efektif dan efisien untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Hasil kerja pengembangan yang berupa produk media pembelajaran ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama memuat CD Interaktif yang berisi tentang media materi penanaman konsep perhitungan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan bagian kedua berupa LKS yang berisi soal-soal latihan sebagai alat bantu media pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan, Berbantuan Komputer

Published
2018-12-22
Section
Articles