PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDALAM KURIKULUM 2013

  • Aminatun Habibah Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Tujuan dari adanya kurikulum 2013 adalah untuk mempersiapkan manusia indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, inovatif, dan kreatif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat dan berbangsa.

            Dalam Artikel ini permasalahan yang akan dibahas adalah : (1) Bagaimana konsep pendidikan karakter dalam perspektif Kurikulum 2013 (2) Bagaimana Pelaksanaan pendidikan karakter dalam perspektif Kurikulum 2013?, (3) Apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter dalam perspektif Kurikulum 2013?.

            Dari artikel yang penulis lakukan maka dapat diketahui bahwa Pelaksanaan pendidikan karakter dalam perspektif kurikulum 2013, secara akademik pendidikan karakter ditempelkan melalui pelajaran-pelajaran. Sedangkan non akademik pendidikan karakter ditanam melalui pembiasaan-pembiasaan.

Dalam artikelini, peneliti ingin menganalisis pendidikan karakter dalam Perspektif kurikulum 2013. Pendidikan karakter merupakan upaya bangsa untuk mengembalikan jati diri bangsa, melalui pembentukan karakter.

Untuk itu, Guru mendesain pembelajaran berbasis pendidikan karakter sehingga siswa mampu menjadi insan yang berkarakter seperti yang telah tercantum dalam visi, misi, dan tujuan sekolah.

Published
2018-06-16
Section
Articles