IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI MAN 1 GRESIK

  • Qomaruddin Qomaruddin Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar makhluk hidup dan berpengaruh terhadap aktivitas makhluk hidup. Untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup itu tidaklah mudah karena setiap manusia mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Akan tetapi hal ini mulai dari sekarang bisa diajarkan ke anak-anak. Contoh tersebut bisa kita lihat di MAN 1 Gresik yang menerapkan madrasah adiwiyata yaitu madrasahyang berbudaya dan peduli terhadap lingkungan hidup.  Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MAN 1 Gresik  dengan fokus penelitian: (1) implementasi adiwiyata (2) Peran kepala madrasah terhadap program adiwiyata  (3) pengembangan menejemen pendidikan islam dalam pelaksanaan madrasah adiwiyata di MAN 1 Gresik.

            Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian ground theory, Lokasi penelitian di MAN 1 Gresik, Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data yang berasal dari (person) berupa orang, (place) berupatempat dan, berupa arsip dokumentasi, teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan teknik dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian keabsahan data, Conclusing Drawing/ verification.

            Setelah dilakukan penelitian maka peneliti bisa menyimpulkan sebagai berikut : (1) Implementasi adiwiyata di MAN 1 Gresik berjalan dengan baik dan lancar karena semua warga sekolah sangat antusias dalam berpartisipasi. (2) Peran kepala madrasah dalam pelaksanaan adiwiyata di MAN 1 Gresik adalah : Edukator, Manajer, Supervisor, inovator, motivator. (3) pengembangan manajemen pendidikan islam dalam adiwiyata sangatlah penting. karena MAN 1 Gresik dalam mengadakan program adiwiyata menerapkan fungsi-fungsi manajemen pendidikan islam mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Sebagaimana di uraikan di hasil penelitian yang berupa angket dan wawancara serta olah data ditabulasi dengan hasil 94%.

 

Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Adiwiyata

Published
2020-12-30
Section
Articles