ANALISIS KURIKULUM 2013 DALAM MEMBANTUPENINGKATAN KECERDASAN SISWA

  • Lutfi Hakim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Kurikulum 2013 menitikberatkan struktur capaian pada sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara utuh, artinya, hasil capaian proses belajar diukur dari kesinambungan dan konsistensi antara apa yang di ketahui dengan apa yang dilakukan dan apa yang diamalkan. Kompetensi Inti (KI-1) merupakan cakupan nilai-nilai ketuhanan (Religius), Kompetensi Inti (KI-2) mencakup nilai-nilai sikap sosial, Kompetensi Inti (KI-3) mencakup pengetahuan yang bersifat faktual, konseptual, dan prosedural, dan metakognitif, Kompetensi Inti (KI-4) mencakup proses atau tahapan pembelajaran (keterampilan). Kecerdasan/inteligensi tidak dapat diamati secara langsung melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan manifestasi dari proses berpikir rasional itu. Ada perbedaan mendasar antara intelegensi dengan IQ, 1). Bagimanakah sistem pembelajaran yang menerapkan Kurikulum 2013 .2). Bagaimana tingkat perkembangan kecerdasan siswayang menerapkan kurikulum 2013 3). Bagaimana pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap perkembangan kecerdasan siswa .

Kata kunci : penerapan kurikulum 2013, perkembangan kecerdasan siswa

Published
2021-06-29
How to Cite
Hakim, Lutfi. 2021. “ANALISIS KURIKULUM 2013 DALAM MEMBANTUPENINGKATAN KECERDASAN SISWA”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19 (1), 1-38. https://doi.org/10.36835/jipi.v19i1.3636.
Section
Articles