MANAJEMEN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BIDANG STUDI PAI

  • Qomaruddin Qomaruddin Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Abstract

Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan pembelajaran contextual teaching and learning. Dengan penggunaan model pembelajaran  ini diharapkan materi pelajaran PAI dapat mudah dipahami dan dapat meningkatkan motivasi serta prestasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran PAI.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Strategi manajemen pembelajaran contextual teaching and learning , (2) Penerapan pembelajaran contextual teaching and learning

            Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui teknik wawancara, studi dokumen dan observasi. Setelah data yang dibutuhkan terkumpul, kemudian penulis memaparkan data yang diperoleh sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

            Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan bagi beberapa pihak, antara lain bagi guru, pembelajaran contextual teaching and learning perlu diterapkan pada bidang studi PAI, agar guru senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dalam tindakan pengajarannya guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pengaruh pendidikan contextual teaching and learning  terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik.

Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran, CTL, PAI Pendahuluan

Published
2021-06-29
How to Cite
Qomaruddin, Qomaruddin. 2021. “MANAJEMEN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BIDANG STUDI PAI”. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19 (1), 39-55. https://doi.org/10.36835/jipi.v19i1.3637.
Section
Articles