KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN

  • Ainul Khalim Universitas Qomaruddin Gresik

Abstract

Manajemen pendidikan merupakan suatu system pengelolahan dan penataan sumber daya pendidikan, seperti tenaga kependidikan, peserta didik ,masyarakat, kurikulum, dana(keuangan) sarana dan prasarana pendidikan, tata laksana dan lingkungan pendidikan. Komponen-komponen tersebut perlu dikelola dan ditata sebaik-baiknya agar tercipta keserasian hubungan antar faktor sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Untuk mencapai hasil yan maksimal layanan pendidikan wajib melakukan 4 fungsi manajemen yaitu : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan.dimana masyarakat ikut serta dalam menjalankan 4 fungsi manajemen tersebut, keikut sertaan masyarakat merupakan wujud dari manajemen berbasis sekolah yang mulai diterapkan pada tahun 2004. Dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) sekolah wajib mengikut sertakan masyarakat dalam pengelolahannya dan pengelolah sekolah dilakukan dalam kerangka kebijakan nasional.

Manajemen pendidikan merupakan suatu system pengelolahan dan penataan sumber daya pendidikan, seperti tenaga kependidikan, peserta didik ,masyarakat, kurikulum, dana(keuangan) sarana dan prasarana pendidikan, tata laksana dan lingkungan pendidikan. Komponen-komponen tersebut perlu dikelola dan ditata sebaik-baiknya agar tercipta keserasian hubungan antar faktor sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Untuk mencapai hasil yan maksimal layanan pendidikan wajib melakukan 4 fungsi manajemen yaitu : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan.dimana masyarakat ikut serta dalam menjalankan 4 fungsi manajemen tersebut, keikut sertaan masyarakat merupakan wujud dari manajemen berbasis sekolah yang mulai diterapkan pada tahun 2004. Dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) sekolah wajib mengikut sertakan masyarakat dalam pengelolahannya dan pengelolah sekolah dilakukan dalam kerangka kebijakan nasional.

Kata kunci: Kualitas, Layanan dan Pendidikan

Published
2022-12-30
Section
Articles